Bupati Madiun Resmikan TIC Dengan Program Unggulan Edukasi Budidaya Porang

Bupati Madiun H Ahmad Dawami saat meresmikan TIC kabupaten Madiun/ist
Bupati Madiun H Ahmad Dawami saat meresmikan TIC kabupaten Madiun/ist

Bupati Madiun H Ahmad Dawami meresmikan Tourism Information Center (TIC). Lokasi TIC sendiri berada di Kantor Disparpora, komplek Stadion Pangeran Timoer, Kecamatan Mejayan, Caruban kabupaten Madiun.


Selain meresmikan TIC, Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini juga melihat salah satu unggulan TIC. Yakni edukasi seputar budidaya umbi porang. Dimana di komplek Stadion Pangeran Timur, yang luasnya sekitar 2 hektare juga telah ditanami porang varietas Madiun I dengan dua model tanam, yaitu tanam katak, dan tanam benih umbi.

"Di sini nanti disiapkan ruang untuk konsultasi bagaimana kalau menanam porang yang benar. Mulai bibitnya itu dari apa, bisa dari umbi bisa dari katak ataupun lainnya. Di sini sudah disiapkan," kata Kaji Mbing, kepada kantor berita RMOLJatim di Madiun Rabu (19/1).

Tujuan ditanami porang di sekitaran komplek Gor stadion pangeran timur miniatur porang untuk memberikan edukasi porang. Sebagaimana porang yang berada di dalam hutan. Dimana porang akan tumbuh lebih subur di bawah tegakkan pohon yang lebih besar. Sedangkan porang yang tumbuh di lahan yang gundul tidak akan sesubur lahan dengan tegakkan.

"Artinya kalau menanam porang harus di bawah pepohonan, pohonnya harus dilestarikan agar porangnya tumbuh dengan baik dan subur," lanjut Kaji Mbing.

Dengan kesadaran petani dan masyarakat maka kelestarian hutan akan tetap terjaga dan bencana banjir serta longsor tidak akan terjadi, selain itu ekonomi petani juga akan meningkat.

"Kita menangkap peluang itu agar masyarakat juga dapat menikmati peluang tersebut sehingga bisa memantik wisata-wisata yang ada di Kabupaten Madiun juga," ujarnya

Nantinya semua desa produsen Porang akan terkoneksi dengan TIC ini. Tahap pertama adalah desa di sekitar Caruban.

Mulai dari Desa Sumber Bendo, Saradan, Pajaran, hingga Klangon.

"Nanti semua ke selatan kita siapkan sampai ke lingkar Wilis," tambahnya .

Sementara itu, Direktur PT Repindo, pemilik izin edar benih porang varietas Madiun I Mustofa mengatakan permintaan benih porang varietas Madiun I masih sangat tinggi. Serta siap mendukung Kementerian Pertanian dalam penyediaan bibit porang varietas Madiun I tersebut.

"Insyaallah kita siap memenuhi kebutuhan bibit porang varietas Madiun I dengan melibatkan kelompok tani di Madiun Raya dan sekitarnya," ujar Mustofa.

Sekedar diketahui, Kabupaten Madiun merupakan satu-satunya daerah produsen bibit unggul porang yang telah bersertifikat Kementan.