Pastikan Prokes, Dinkes Kota Kediri Lakukan Monev di 102 Sekolah

Siswa mengikuti Test Swab Antigen
Siswa mengikuti Test Swab Antigen

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang telah diterapkan, membuat Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Kediri melakukan monitoring dan evaluasi pada 102 sekolah di Kota Kediri.


Monitoring dilakukan mulai ditingkat SD hingga SMP negeri dan swasta. Selain itu juga dilakukan rapid antigen acak di 27 SMA dan SMK sederajat. 

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri Hendik Supriyanto mengatakan, dari kegiatan monev ini agar Pemerintah Kota Kediri dapat memantau bagaimana protokol kesehatan yang diterapkan siswa dan tenaga pendidik di sekolah telah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

"Kami bersama Dinas Pendidikan melakukan Monev untuk pembelajaran tatap muka ini. Monev dilakukan dengan cara melakukan test Swab antigen secara acak pada siswa, tenaga pendidik maupun penjaga sekolah," kata Hendik dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (25/1). 

Jika ditemukan siswa atau pengajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama PTM berlangsung, maka Dinas Kesehatan Kota Kediri melalui puskesmas wilayah akan melakukan tracing, baik di sekolah atau di keluarga siswa atau pengajar. 

Jika memang memungkinkan, Pemerintah Kota Kediri juga akan meliburkan sementara sekolah, jika ditemukan siswa atau pengajar yang terkonfirmasi positif. Namun, hingga hari kedua Monev yang dilakukan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, belum ditemukan yang terkonfirmasi positif covid 19 d lingkungan sekolah.