Dukungan Gus Muhaimin Sebagai Capres 2024 Mengalir Deras

Gus Salam saat menghadiri Haul KH Bisri Syansuri
Gus Salam saat menghadiri Haul KH Bisri Syansuri

Dukungan terhadap Calon Presiden 2024 dari kalangan santri terus mengalir dari berbagai pihak. Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar ini makin bergemuruh didukung untuk maju sebagai Calon Presiden RI pada Pilpres 2024 mendatang.


Dukungan itu, muncul dari alumni Pondok Pesantren Ploso yang juga Wakil Ketua PWNU Jawa Timur KH Abdussalam Sohib. Ia menyampaikan bahwa tugas Gus Muhaimin Iskandar selaku dzuriyyah Pondok Pesantren Mambaul Maarif bersedia mencalonkan diri sebagai Calon Presiden RI 2024 mendatang.

Bentuk dukungan tersebut ia sampaikan saat sambutan dalam Haul KH M Bisri Syansuri ke-43 di Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Dennyar, Jombang yang disiarkan langsung secara live di akun Youtube Pondok Denanyar Channel, Selasa (01/02) malam.

Dalam pidatonya pria yang akrab disapa Gus Salam tersebut secara tegas mengungkapkan dukungannya untuk Muhaimin Iskandar mencalonkan diri menjadi Presiden di Pilpres 2024 mendatang. Bahkan ia juga meminta doa dan dukungan kepada santri dan alumni yang menghadiri Haul Mbah Bisri ke 43 tersebut.

"Maka dari bumi Denanyar ini, dari momentum Haul Mbah Bisri, saya minta beliau (Gus Muhaimin) bersedia menjadi Calon Presiden tahun 2024," tegas Gus Salam, demikian akrab dipanggil saat menyampaikannya dikutip Kantor Berita Politik RMOLJatim, Rabu (02/02).

Sebelumnya, masih kata Gus Salam, yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif menuturkan tentang kiprah perjuangan KH Bisri Syansuri diranah politik. Sebagai dzurriah dari keturunannya harus ada yang berjuang didunia politik.

"Kalau di dalam politik bukan tugas saya, namun tugas dari Gus Muhaimin," tegasnya.

Gus Salam yang masih mempunyai hubungan darah atau saudara dari Muhaimin Iskandar ini menyatakan kesiapannya dalam mengawal saudaranya tersebut. Hal ini dilatarbelakangi oleh dari dawuh para masyayikh dan para kiai.

Dirinya menyebut sebagai alumni Pondok Pesentren Ploso, Kediri akan selalu siap mendampingi dan mengawal hajad saudaranya untuk menjadi orang nomor satu di Republik Indonesia. Ia juga meminta agar semua alumni bersama mengawal Gus Muhaimin.

"Karena saya ini, alumni Ponpes Ploso Kediri. Setiap momentum para masyayikh selalu menitipkan pesan ke kami, Kancanono dulurmu, ewangono dulurmu " (temani saudaramu dan dukunglah saudaramu)," bebernya.

Karena apa ?, Gus Salam melanjutkan, orang yang tidak punya saudara bagaikan prajurit ke medan perang tanpa senjata." Maka jangan sampai Gus Muhaimin tidak membawa senjata (bantuan). Siapa senjatanya? Saya dan kalian yang mengaku menjadi pencintanya Mbah Bisri," sambungnya.

Dari bumi Denanyar ini, dari momentum Haul (Mbah Bisri) yang berkah ini, mari kita satukan barisan, kita rapatkan barisan, kita satukan tekad untuk membantu, memberikan restu dan mendoakan Gus Muhaimin untuk menjadi Calon Presiden 2024,” tambah Gus Salam kemudian mengakhiri sambutan dengan doa.

Sementara, Sekretaris DPC PKB Jombang, Anas Urbani membenarkan perihal tersebut. Pernyataan beliau KH Abdusalam disampaikan  saat Haul ke 43 KH Bisri Syansuri yang menyatakan dukungannya terhadap Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar.

Ini waktu sambutan kyai salam haul Mbah Bisri tadi malam," katanya.