Evaluasi Pekerjaan Konstruksi, Komisi lll Turun Lapangan

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Komisi lll DPRD Bondowoso lakukan evaluasi lapangan dalam memastikan pekerjaan yang dimiliki pemerintah daerah berjalan dengan sesuai, Rabu (2/2).


Langkah tersebut dilaksanakan sebagai persiapan kelengkapan LKPJ tahun 2021 khususnya pada Dinas bina marga, sumber daya air dan bina kontruksi.

Ketua Komisi III, Sutriono mengatakan bahwa anggota kami melakukan evaluasi tentang pekerjaan di 2021.

" Selain itu kita juga melakukan evaluasi tentang progres keuangan dan ada catatan yang nantinya kita masukan di LKPJ," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dikatakannya bahwa dengan kunjungan ini kita berharap tidak ada lagi kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya.

" Kita tidak mau kejadian yang kemaren terulang lagi, jadi hanya bisa nawar namun tidak bisa mengerjakan, agar tidak merusak tatanan perencanaan dan tatanan kompetisi dalam pelelangan yang seharusnya dilaksanakan dengan sehat," katanya, Saat mengunjungi salah satu pekerjaan di Desa Taal, Kecamatan Tapen.

Pihaknya memang melakukan evaluasi ke beberapa titik pekerjaan yang dikerjakan oleh pihak ketiga melalui lelang pekerjaan yang penawaran dibawah 80 persen.

" Kita memang turun ke lapangan untuk melakukan evaluasi di beberapa titik, jadi pekerjaan yang di bawah 80 persen kita lakukan evaluasi," pungkasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Binamarga, Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi, H. Munandar mengatakan bahwa pekerjaan tersebut merupakan anggaran yang bersumber dari dana DAK tahun 2021.

" Ini dari APBN dengan anggaran sekitar 2,66 M yang dikerjakan oleh pihak ketiga melalui proses lelang," katanya.

Ia menambahkan bahwa pekerjaan tersebut dikerjakan di tahun 2021, dan saat ini pekerjaan tersebut sudah rampung 100 persen.

" Pekerjaannya meliputi pengaspalan dengan panjang sekitar 2,4 km, pasangan kanan kiri jalan 350 m dan pasangan tunggal 670m," ujarnya.

Dirinya berharap, agar masyarakat ikut serta memelihara konstruksi yang sudah pemerintah bangun.

" Saya berharap kepada masyarakat untuk ikut serta memelihara konstruksi tersebut, agar bisa awet dan tahan lama, mudah-mudahan dengan apa yang pemerintah berikan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkasnya.