Bupati Ikfina Minta TP PKK Mojokerto Sinergikan 5 Isu Strategis Daerah

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri Rakerda Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto/ist
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri Rakerda Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto/ist

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati membuka secara langsung Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto. Program kerja PKK diminta untuk diselaraskan dengan lima isu strategis daerah.


Acara yang berlangsung di Command Center Kantor Bupati Mojokerto, Rabu (16/2) ini diikuti 400 peserta mulai dari TP PKK tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa secara hybrid.

Dalam arahannya, Ikfina menyampaikan bahwa program kerja yang disusun harus bisa diselaraskan dengan lima isu strategis daerah. Hal ini agar gerakan PKK bisa berjalan seiring dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

"Momentum Rakerda ini supaya program PKK nantinya bisa berjalan seiring sejalan dengan isu strategis Kabupaten Mojokerto," ujar Bupati Ikfina dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Isu strategis itu, lanjut dia, di antaranya peningkatan kualitas SDM, pengentasan masyarakat miskin, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, tata kelola pemerintahan yang berkualitas, serta peningkatkan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkualitas dengan dukungan teknologi informasi.

Sedangkan, PKK sendiri juga memiliki isu strategis, di antaranya ketahanan ekonomi, revolusi mental, lingkungan hidup, memperkuat pelayanan dasar bidang kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya.

Untuk itu, Ikfina meminta PKK agar bisa memahami serta menginternalisasi isu strategis ke dalam semua bidang pokja. "Isu strategis ini mohon bisa dipahami, dan menginternalisasikan isu strategis ini di semua bidang dan dijalankan dalam pelaksanaan pokja," tegasnya.

Selain itu, Ikfina juga menyinggung soal Covid-19. Dia mengajak untuk membuat gerakan pola gizi berimbang dan gerakan berolahraga untuk membiasakan perilaku hidup sehat. Begitu juga Tim Penggerak PKK juga harus terus menyosialisasikan protokol kesehatan salah satunya vaksinasi.

"Saat ini gelombang varian Omicron, untuk itu TP PKK agar bisa membuat gerakan ke masyarakat serta menyosialisasikan prokes dan vaksin," ucapnya.

Ikfina menegaskan, saat ini sudah memasuki era society 5.0 dengan pemanfaatan digital. Untuk itu pihaknya meminta gerakan PKK ke depan agar bisa beradaptasi mengikuti proses digitalisasi.

"Sekarang era society 5.0, jadi gerakan PKK harus adaptif dengan situasi tersebut dengan jaringan digital," imbuhnya.

Rakerda Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto ini bertujuan untuk melaksanakan dan menyinergikan program kerja PKK kabupaten dan kecamatan serta sebagai bentuk upaya pemberdayaan di masyarakat, serta ada 10 program pokok PKK yang terbagi dalam pokja-pokja.

Di antaranya Pokja I (penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong), Pokja II (Pendidikan dan Keterampilan, Pengembangan kehidupan berkoperasi), Pokja III (Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga), Pokja IV (Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Kesehatan).


ikuti update rmoljatim di google news