Khofifah Masih Pimpin Bursa Cagub Jatim 2024

Khofifah Indar Parawansa/ist
Khofifah Indar Parawansa/ist

Masa jabatan pasangan Khofifah-Emil Dardak memang masih baru akan berakhir pada 2023 mendatang, meski demikian beberapa nama sudah santer disebut sebagai favorit untuk Calon Gubernur (Cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang. Hal itu terungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC).


Peneliti senior SSC, Surokim Abdussalam mengungkapkan jika Gubernur Jatim, Khofifah, puncaki hasil survey elektabilitas di mata emak-emak dengan 31,7 persen. Kemudian disusul Tri Rismaharini dan Emil Elistianto Dardak dengan masing-masing 15,8 persen dan 12,3 persen.

“Secara elektabilitas ini bisa menjadi modal bagus bagi Khofifah, namun juga harus waspada dengan Risma dan Emil”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Rokim menyebutkan beberapa nama-nama lain diantaranya Saifullah Yusuf dengan 7,3 persen, Eri Cahyadi dengan 2,3 persen, Kusnadi dengan 2,1 persen, Anwar Sadad dengan 1,6 persen.

“Sementara Thoriqul Haq memeroleh 1,1 persen, kemudian Abdul Halim Iskandar dan Puti Guntur masing-masing 0,8 persen. Diikuti M. Sarmuji 0,6 persen, Irsyad Yusuf 0,4 persen, Baddrut Tamam dan Hanindhito Pramono keduanya 0,2 persen, serta yang memilih lainnya sebanyak 1 persen”, urai Rokim.

 Meski demikian, Rokim mengatakan jika ceruk di kalangan emak-emak masih sangat terbuka lebar bagi seluruh nama yang beredar di bursa Cagub.

“Karena di survey elektabilitas ada 21,8 persen masih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir mengingat jumlah demografi emak-emak di Jawa Timur,” pungkas Rokim.

 Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Februari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar