Menko Luhut Borong Produk UMKM Banyuwangi

Menko Luhut didampingi Bupati Ipuk meninjau hingga memborong produk UMKM di Banyuwangi/Humas
Menko Luhut didampingi Bupati Ipuk meninjau hingga memborong produk UMKM di Banyuwangi/Humas

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, di sela kunjungan kerjanya di Banyuwangi memborong produk UMKM.


Selain itu, Luhut juga menyempatkan diri bertemu dan memotivasi para pelaku UMKM di Pendopo Sabha Swagata Blambangan.

Dia juga meninjau tempat pengolahan sampah berbasis sirkular di Kecamatan Muncar sekaligus membuka Kejurda Atletik Jatim. Luhut adalah Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Saat di Pendopo, Luhut melihat berbagai aneka produk kreatif karya pelaku UMKM Banyuwangi. Mulai makanan dan minuman kemasan, kaos suvenir, batik, produk fesyen, hingga kopi Banyuwangi yang khas. Luhut pun memborong sejumlah produk yang disajikan.

Luhut di antaranya juga mencicipi minuman berbahan dasar rempah milik UMKM Saritiga. Tak hanya menyajikan minuman rempah biasa, tapi sirup rempah tersebut dicampur dengan teknik khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan lebih segar. "Enak nih, beneran seger,” kata Luhut.

Selain itu, Luhut juga berdialog dengan salah satu UMKM, D-Beja yang memproduksi kue kering. Dia berdialog dengan Owner D-Beja Eti Nur Kristiani. Luhut memotivasi pengusaha aneka kue kering itu untuk memasarkannya melalui marketplace, termasuk dalam program “Bela Pengadaan” yang bisa diakses dan dibeli langsung oleh pemerintah se-Indonesia. 

Luhut juga memborong kue pastri rasa serundeng kelapa dan udang crispy produksi UMKM tersebut.

Menurut Luhut, saat ini pemerintah terus menggalang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, gerakan dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Tujuannya supaya masyarakat Indonesia cinta dan mau menggunakan produk lokal Indonesia.

Luhut lalu membeberkan bahwa, walau di tengah pandemi perekonomian Indonesia tetap tumbuh. 

"Hilirisasi kita kuat. Tahun lalu ekspor kita tertinggi meski dalam keadaan covid 19, yakni mencapai USD 232 miliar. Kita termasuk ekspor yang tinggi pertumbuhannya di dunia," kata Luhut, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (20/3).

Luhut lantas mengajak pemerintah daerah, seluruh stakeholders dan masyarakat Banyuwangi kompak. "Banyuwangi bagus, bersih dari sampah. Banyuwangi hebat, karena kompak. Saya titip di bawah kepemimpinan Ibu Bupati, Banyuwangi terus kita dorong agar semakin berkibar," tandas Luhut.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan sejumlah skema Pemkab Banyuwangi dalam meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro. Mulai dari program warung naik kelas, program jemput bola layanan penerbitan ijin usaha mikro, ongkir gratis bagi UMKM, hingga bantuan alat-alat produktif.

“Kami juga rutin melakukan gerakan Hari Belanja ke Pasar Tradisional dan UMKM setiap bulan untuk menggerakkan ekonomi arus bawah. Kami ajak seluruh ASN, bank-bank, BUMN, BUMD untuk pada hari itu memborong usaha UMKM,” kata Ipuk.

Sejumlah intervensi pemkab tersebut, kini ekonomi Banyuwangi mulai “rebound”. Jika pada 2020 terkontraksi di angka -3,58 persen, pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Banyuwangi tercatat 4,08 persen (di atas pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dan nasional). Ketika di masa pandemi semua daerah mengalami peningkatan kemiskinan, kenaikan kemiskinan di Banyuwangi merupakan yang terendah se-Jatim, yaitu naik 0,01 persen sepanjang 2020 ke 2021, berdasarkan data BPS.