Komisi II DPR Sisir Lagi Tahapan dan Anggaran Pemilu

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus/Net
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus/Net

Anggaran Pemilu 2024 masih menjadi pembahasan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah. Sejauh ini masih terjadi diskusi soal nominal yang diajukan KPU, yakni Rp 86 triliun.


Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menilai pembahasan terkait tahapan dan anggaran Pemilu 2024 sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Bahkan sudah dilakukan sebelum pihaknya menggelar fit and proper test terhadap calon komisioner KPU-Bawaslu periode 2022-2027.

"Namun, pembahasan terkait tahapan dan anggaran Pemilu 2024 masih di tahap awal atau dilakukan secara prematur," ujar Guspardi kepada wartawan, Jumat (25/3).

Guspardi mengatakan, Komisi II DPR RI sendiri sudah mengagendakan jadwal untuk pembahasan mengenai tahapan ataupun anggaran.

"Yakni pada tanggal 11 April 2022. Kita akan menyisir dan teliti kembali baik mengenai tahapannya, begitu juga mengenai anggarannya," tutur politisi PAN ini.

Lebih lanjut, Guspardi menjelaskan bahwa KPU sudah melakukan rasionalisasi terhadap anggaran Pemilu 2024 dari Rp 86 triliun menjadi Rp 76 triliun kemudian turun lagi sekitar Rp 60 triliun. Namun, rasionalisasi tersebut belum maksimal, mengingat anggaran penyelenggaraan Pemilu 2019 hanya sebesar Rp 25 triliun.

"Terkait pelantikan komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, kita serahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ujarnya.

"Masa jabatan komisioner KPU dan Bawaslu saat ini berakhir pada 12 April 2022. Komisi II akan melakukan pembahasan tahapan dan anggaran Pemilu 2024 tanpa melihat status komisioner KPU dan Bawaslu, baru atau lama," demikian Guspardi dimuat Kantor Berita Politik RMOL.