DPRD Lamongan Apresiasi Capaian PAD Lebihi Target Hingga 126.48 Persen

Paripurna Pansus DPRD Lamongan atas LKPJ 2021/RMOLJatim
Paripurna Pansus DPRD Lamongan atas LKPJ 2021/RMOLJatim

DPRD Lamongan mengapresiasi capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan.


“Pansus mengapresiasi peningkatan PAD Lamongan yang secara keseluruhan meningkat, yakni mencapai 126.48 persen dari target yang telah ditetapkan pada P-APBD 2021,” kata Didik Biyanto, juru bicara DPRD Lamongan dari Fraksi Golkar, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (30/3).

Hal itu disampaikan Didik dalam Rapat Paripurna DPRD Lamongan dengan agenda penyampaian hasil pembahasan pansus sebagai rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Lamongan tahun anggaran 2021.

Sebelumnya Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi menyampaikan LKPj tahun anggaran 2021 di hadapan DPRD Lamongan.

Didik mengungkapkan apresiasinya atas hasil kinerja dan prestasi yang dicapai Bupati Lamongan satu tahun pertamanya menjabat. Secara keseluruhan capaian PAD Lamongan melebihi target hingga 126.48 persen.

Meski capaian PAD melebihi target, lanjut Didik, pihaknya mendorong Pemkab Lamongan untuk terus meningkatkan capaian pendapatan yang lainnya.

Untuk itu pansus merekomendasikan agar Bupati Yuhronur melakukan evaluasi kinerja OPD yang terkait tiga sektor pendapatan yang dinilai belum memenuhi target.

Pansus dewan juga meminta Pemkab Lamongan untuklebih memaksimalkan kinerja di sektor pajak dan retribusi.

Selain merekomendasikan terkait keuangan daerah, DPRD juga mengapresiasi peningkatan nilai tukar petani yang meningkat menjadi 106,81 persen pada tahun 2021 ini.

Dengan meningkatnya nilai tukar ini, DPRD merekomendasikan agar Bupati Yuhronur tidak patah semangat dalam memperjuangkan pengadaan pupuk terutama pupuk subsidi bagi petani Lamongan.

Didik juga mengungkapkan apresiasinya atas capaian target yang dilakukan oleh Inspektorat terutama dalam program penyelenggaraan pengawasan sehingga Kabupaten Lamongan dinobatkan sebagai daerah yang memeproleh capaian Monitoring Center For Preventon (MCP) tertinggi di Jawa Timur.

“Kami harap prestasi ini terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan,” harap Didik

Sementara itu, Bupati Yuhronur ditemui usai rapat mengungkapkan akan menjadikan rekomendasi DPRD Lamongan atas LKPJ tahun anggaran 2021 sebagai masukan untuk bekerja lebih baik lagi.