Digelar di Alun-alun Bondowoso, Bazar Ramadhan 2022 Diikuti 150 UMKM

Tampak keramaian bazar Ramadhan 2022 kabupaten Bondowoso/RMOLJatim
Tampak keramaian bazar Ramadhan 2022 kabupaten Bondowoso/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali menggelar Bazar Ramadhan 2022 setelah sempat ditiadakan akibat Pandemi Covid-19.


Kegiatan tersebut digelar di depan monumen Gerbong Maut atau sebelah selatan Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso.

Pantauan di lokasi bazar, tampak petugas kepolisian dan dinas perhubungan Bondowoso menyekat jalur disekitar lokasi bazar Ramadhan.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, Totok Hariyanto mengatakan, bazar tersebut dimulai per hari ini, Senin 4 April 2022 atau 2 Ramadhan 1443 Hijriah.

"Bazar Ramadan ini digelar sekitar 27 hari. Yaitu hingga 30 April 2022 mendatang," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (5/4).

Setiap harinya, pagelaran tersebut dimulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Menurutnya, total ada 150 pelaku UMKM yang terlibat.

 "Sedangkan sudah kami siapkan. Mereka tinggal menunggu waktu nanti, tepat di jam tiga sore," sambungnya.

Para pelaku UMKM itu lebih banyak menjual kuliner atau jajanan khas Ramadan dan Idul Fitri. "Termasuk menyediakan jajan lebaran. Macam-macam, takjil, lauk-pauk dan sebagainya," jelas Totok.

Pihaknya berharap, dengan Bazar Ramadan tersebut, ekonomi masyarakat khususnya Pelaku UMKM semakin meningkat di tengah Pandemi Covid-19.

"Harapannya bisa berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," jelas dia.

Sementara salah seorang pelaku UMKM sekaligus ketua APKre (Asosiasi Pengusaha Kreatif), Murti Jasmani tengah Pandemi Covid-19 menyambut baik kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat ini.

"Saya juga menyediakan layanan beli di tempat dan delivery order. Bekerja sama dengan ojek online," kata dia.

Pelayanan online tersebut untuk masyarakat yang tidak bisa datang ke tempat, atau pekerja kantoran. "Ya untuk mempermudah pelayanan," imbuh dia.

Dalam Bazar Ramadhan 2022 di Bondowoso ini kata dia, ada 30 pelaku UMKM di bawah naungan APKre. "Kami juga lebih fokus pada pelayanan online juga," pungkasnya.