Pantau Rest Area 575 Ngawi, Irwasum Polri Minta Utamakan Aspek Keselamatan

Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto memantau langsung rest area 575 A Ngawi/RMOLJatim
Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto memantau langsung rest area 575 A Ngawi/RMOLJatim

Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto memastikan tidak ada penyekatan di jalan selama arus mudik lebaran tahun ini. Dia juga meminta pemudik untuk menjaga aspek keselamatan.


Demikian disampaikan Komjen Agung Budi Maryoto saat melakukan supervisi dalam rangka Operasi Ketupat 2022 di rest area 575 A di Ngawi, Jawa Timur, Kamis (28/4).

"Kita menghimbau kepada masyarakat yang mudik untuk memperhatikan aspek keselamatan bukan aspek kecepatan," terang Komjen Agung Budi Maryoto dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Mantan Kapolda Jabar ini juga meminta setiap pemudik untuk memanfaatkan rest area guna melakukan istirahat sejenak. Ketika kondisi badan fit kembali dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

Selain itu tandas Komjen Pol Agung Budi Maryoto karena situasinya masih pandemi Covid-19 kepada semua pemudik ketika berkumpul kembali bersama keluarga dirumah untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Kemudian bicara situasi arus kendaraan pemudik lanjutnya, dari airport Juanda sampai ke wilayah Ngawi terpantau arus lalu-lintas sangat lancar belum terlihat adanya hambatan dan kemacetan kendaraan baik di tol maupun di jalur arteri.

Hanya saja pihaknya meminta kesiapan petugas di setiap pos pelayanan untuk melayani dan mengamankan setiap pemudik menuju wilayah Jawa Timur. 

"Tadi dari airport sampai ke Ngawi sini belum terlihat hambatan dan kemacetan arus lalu-lintas kendaraan di tol maupun non tol," jelas Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

Pungkasnya, sampai H-4 lebaran arus kendaraan yang menuju wilayah Jawa Timur tercatat 5.340 kendaraan.

Terkait kapan terjadinya puncak arus mudik jelas Irwasum Polri sesuai koordinasi bersama Kakorlantas memang sifatnya situasional. Hanya ketika arus kendaraan sudah padat kebijakan one way ganjil genap sesuai instruksi Mabes Polri akan dilaksanakan.