Pemudik Kecewa Toilet Portabel di res Area Tol Teras Dipa KM 678 A, Bau dan tidak Ada Air

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Toilet portable atau temporary yang digadang-gadang bisa melayani pemudik yang berada di res area saat melakukan perjalanan melalui tol ini terhambat. Betapa tidak, toilet portabel yang berada di rest area Teras Dipa 678 A tol Jombang – Mojokerto (Jomo) dikeluhkan oleh pemudik.


Pasalnya, di toliet tersebut kehabisan air bersih. Selain tidak adanya air yang mengalir di bak, toilet juga bearoma tak sedap atau bau karena sejumlah pemudik terpaksa buang air tanpa air atau menyiram. Kondisi ini dikeluhkannya.

"Air bersihnya habis. Toiletnya juga berbau. Seharusnya ini diperhatikan. Karena toilet merupakan kebutuhan pemudik," ujar Vivi Narni, salah satu pemudik yang hendak menuju Surabaya dan Banyuwangi, Sabtu (30/04) kemarin dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain Vivi, pemudik lainnya juga mengalami hal serupa. Begitu masuk bilik toilet oortabel ini kemudian keluar lagi. Karena air tidak keluar dan toilet permanen yang tersedia di res area juga mengalami antrian, karena membludaknya pemudik.

"Ya, kami kembali teruskan perjalanan. Sekaligus, mencari toilet di rest area selanjutnya," ungkap Vivi yang membawa tujuah orang dalam satu rombongan, yang merasa kecewa juga atas pelayanan toilet di res area tersebut.

Senada dengannya, Jono, pemudik lain asal Jakarta yang hendak ke Surabaya ini juga mengeluhkan keberadaan toilet di res area Teras Dipa KM 678 A. Ia berangkat dari Jakarta beserta keluarga pada Jumat malam. Sesampai di rest area KM 678 A, Jono membelokkan kendaraannya untuk beristirahat dan buang air kecil.

"Duh, airnya kok mati," ucap Jono, sembari melihat - lihat keadaan res area untuk mencari toilet lainnya.

Sebenarnya, selain toilet portable, di rest area tersebut juga terdapat toilet permanen. Hanya saja, di toilet permanen ini antrean orang yang hendak ke toilet lumayan panjang. Sehingga banyak yang tidak sabar. Tampak di area juga tukang yang sedang mengerjakan pembangunan toilet. Tentu saja, toilet yang baru dalam masa pengerjaan ini belum bisa digunakan.

Terpisah, dikonfirmasi pengelolal tol Jombang - Mojokerto (Jomo) Astra Infra Toll Road. Kepala Departemen Coporate Comunication Astratol Jombang – Mojokerto, Udhi Dwi Saputro mengaku akan segera memperbaiki fasilitas tersebut. Pihaknya segera koordinasi dengan petugas bagian operasi agar segera mengisi air bersih di tangki untuk toilet.

"Sebenarnya selama pelayanan mudik lebaran ini di sepanjang jalan tol Jombang – Mojokerto ada penambahan jumlah toilet. Selain toilet fungsional juga ada toilet portabel dan penambahan urinor hingga dua kali lipat dari sebelumnya," tandasnya.

Ia merinci, jumlah totalnya ada 50 unit. Dan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang kami berikan selama arus mudik dan arus balik lebaran. Sementara jumlah pemudik yang melintas ada peningkatan sebanyak 30-35 persen dari jumlah biasanya yakni 22 ribu pengendara.

Selama arus mudik ini per tanggal 28 April ada peningkatan 34 ribuan atau 30 persen kurang lebihnya," pungkasnya.