Wali Kota Malang Harapkan Guru hingga Kepala Sekolah Siap Mewujudkan Merdeka Belajar

 Wali Kota Malang, H. Sutiaji mengenakan songkok hitam saat dihadapan para guru dan kepala sekolah dasar/Ist
Wali Kota Malang, H. Sutiaji mengenakan songkok hitam saat dihadapan para guru dan kepala sekolah dasar/Ist

Wali Kota Malang, H. Sutiaji mengharapkan para tenaga pendidik atau guru hingga Kepala sekolah harus siap mewujudkan merdeka belajar. Yang mana, sesuai tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar" dalam meneguhkan Merdeka Belajar.


"Dalam mewujudkan Merdeka Belajar harus ada kesiapan dari semua pihak, baik kesiapan dari lembaga, peserta didik dan pengajar atau tenaga pendidik. Maka dari itu, yang namanya lembaga itu harus menyiapkan, diantaranya adalah metodologinya, alat-alat peraga, gurunya secara literatif sesuai dengan konsep merdeka belajar," ujar H. Sutiaji, orang nomer satu Kota Malang di Gedung Islamic Center. Rabu (18/05) 

Masih kata H. Sutiaji, bahwa konsep Merdeka Belajar, sumber dan bahan ajar bukan hanya di kelas, sumber ajar bukan hanya di guru dan di buku. Di mana pun peserta didik bisa belajar.

"Guru adalah fasilitator bertugas mengarahkan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan minat. Sehingga program Merdeka Belajar dapat terimplementasi secara optimal. Jadi, program Merdeka Belajar diterapkan terlebih dahulu kepada guru. Selain itu, dalam penerapkan program merdeka belajar, tidak ada perbedaan antara negeri dan swasta, wajib hukumnya memberikan perhatian peserta didik,” tandas H. Sutiaji dalam rangkaian kegiatan halalbihalal bersama jajaran guru dan kepala sekolah dasar (SD). 

Terakhir, ia juga berpesan, agar para tenaga pendidik tidak melakukan kekerasan fisik dan verbal kepada peserta didik. 

"Para guru ini sebagai fasilitator sekaligus perpanjangan dari orang tua, memfasilitasi bagaimana potensi, kemampuan anak mencapai citanya, minatnya, dan bakatnya. Untuk itu, jangan sampai ada kekerasan fisik dan verbal terhadap peserta didik," pungkasnya.[adv]