Kenakan Baju Adat, Pemkab Probolinggo Peringati Hardiknas dan Harkitnas

Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko/RMOLJatim
Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 dengan mengenakan baju adat probolinggo dalam satu upacara di Alun-Alun Kota Kraksaan


Peringatan Hardiknas tahun 2022 mengambil tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar. Sementara peringatan Harkitnas ke-114 mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama”.

Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sebagai Perwira Upacara adalah Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, Komandan Upacara adalah Kepala SMKN 1 Gending Rr. Herlina Wulansari, pembaca Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 adalah guru SDN Kedungdalem II Anita Dwi Megasari dan iringan musik Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo, BUMN/BUMD, perbankan, perusahaan dan ormas.

Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan peringatan Hardiknas 2022 mengambil tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama.

“Alhamdulillah, kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan dengan merdeka belajar. Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

“Semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya, yang sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan,” jelasnya.

Berkaitan dengan peringatan Harkitnas ke-114, Plt Bupati Timbul menegaskan bahwa tema yang diambil merupakan bentuk seruan agar semua bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai secara seremonial saja, tapi juga esensi sejarah di baliknya. Seratus empat belas tahun lalu, perhimpunan Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Timbul didampingi Pemimpin Bank Jatim Cabang Kraksaan Budi Rachmanto menyerahkan hadiah kepada 3 (tiga) pemenang lomba pakaian adat nasional Harkitnas ke-114.

Juara 1 diraih Ade Irmawati (adat Bali) dari SMPN 2 Kraksaan memperoleh tabungan Rp 2,5 juta, juata 2 diraih Davin Tamaraisa (adat Bengkulu) dari SMPN 1 Kraksaan memperoleh tabungan Rp 1,5 juta dan juara 3 diraih Puji (adat Dayak) dari Disnaker Kabupaten Probolinggo memperoleh tabungan Rp 1 juta.

Usai upacara, Plt Bupati Timbul dan jajaran Forkopimda melakukan pemeriksaan di Posbindu-PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo. Mulai dari pemeriksaan riwayat penyakit dan faktor resiko (tekanan darah, gula darah, kolesterol total dan urid acid).