TNI AL Koarmada II, Siap Berkontribusi Dalam Perkembangan Penanggulangan Resiko Bencana Satgas Pengamanan Laut GPDRR Ke-7 Tahun 2022

Kesiapan dari Koarmada II
Kesiapan dari Koarmada II

Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) Tahun 2022 telah dimulai


Berkibarnya bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua Bali menjadi penanda solidaritas dan kerja sama global.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, selaku Dansatgas Pengamanan Laut GPDRR ke-7 Tahun 2022 memimpin langsung Apel Pemberangkatan Satgas Pengamanan Laut GPDRR Tahun 2022, bertempat di Dermaga Timur Benoa, dengan background Pasukan Apel.

Sementara seluruh personel KRI Sultan Hasanudin-366 dan KRI Keris-624 melaksanakan peran parade lambung kanan. Pada Rabu (25/5).

Dalam amanatnya, Pangkoarmada II mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan berskala Internasional dan dihadiri kurang lebih empat ribu peserta dari 163 negara yang tergabung dalam perserikatan bangsa-bangsa, dimana GPDRR merupakan wadah untuk bertukar pengetahuan dan berdiskusi terkait perkembangan Penanggulangan Risiko Bencana (PRB) baik alam maupun non alam.

“Terkait hal tersebut, sebagai tuan rumah, pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kegiatan GPDRR ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pengamanan, lanjutnya, akan dilaksanakan diberbagai sektor. Sebagai unsur pengamanan sektor laut, harus ambil bagian dan berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan tersebut. 

"Apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel maupun material yang terlibat pada pengamanan sektor laut GPDRR. Kepada unsur yang terlibat yakinkan kembali kesiapan masing-masing. Segera laporkan apabila ada kendala yang akan mengganggu kegiatan pengamanan sektor laut,” tegas Laksda Iwan dihadapan seluruh Peserta Apel.

Guna meningkatkan semangat dan motivasi prajurit, orang nomor 1 di Koarmada II ini memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa berdoa demi keselamatan dan diberikan kemudahan dalam setiap penugasan. 

"Juga laksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab, ikuti dan patuhi standar operasi dan prosedur pengamanan yang telah ditetapkan, utamakan keamanan dan keselamatan personel maupun material, tetap pelihara kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak kita inginkan, adakan koordinasi dan kerja sama yang baik diantara unsur yang terlibat, guna menciptakan sinergitas sehingga pelaksanaan tugas dapat mencapai hasil yang optimal," sambungnya. 

Turut hadir Komandan Guspurla Koarmada II, Komandan Lanal Denpasar dan seluruh prajurit peserta Apel.