ABK Kapal Zidane Express yang Hilang, Berhasil Ditemukan di Perairan Laut Bali

Pencarian kapal Zidane Express
Pencarian kapal Zidane Express

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti mengatakan, para ABK ditemukan oleh KM. Mulya Jaya Wisesa (MJW).


"Jadi keempat ABK tersebut ditemukan kemarin,  terombang-ambing di laut, berjarak sekitar 70 mil dari pantai. Mereka bertahan mengapung di laut menggunakan gabus yang biasa digunakan untuk menyimpan ikan," kata Widarti, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa, (31/5). 

Empat ABK KM Zidane Express tersebut masing-masing bernama Ali Wafa (46) sebagai Nahkoda, kemudian Rusyadi (54), dan Ajim (36), ketiganya warga Desa/ Pulau Sapeken. Selain itu, Ansori (47), warga Desa Giri, Banyuwangi. Kapal tersebut berangkat dari Banyuwangi menuju Pulau Sapeken, Sumenep.

“Setiba di dermaga Sapeken, empat ABK Kapal Zidane Express dibawa ke Puskesmas Sapeken untuk dilakukan perawatan. Setelah dilakukan pengecekan awal oleh tim medis, secara umum empat ABK itu dalam keadaan sehat dan tidak ada keluhan,” terang Widiarti.

Ia memaparkan, berdasarkan keterangan Ali Wafa, nahkoda Kapal Zidane Express, kecelakaan laut itu terjadi pada Jumat jam 10.00 pagi. 

Kapal dihantam cuaca buruk dan ombak besar dan kemudian mengalami mati mesin di perairan antara Pulau Saobi dan Pulau Sabuntan.

 Akibatnya air laut masuk melalui knalpot yang membuat kapal akhirnya tenggelam karena muatan yang berat,” ungkap Widiarti.