DPRD Jatim Dicurhati Warga Malang, Ingin Potensi Desa Bisa jadi Sumber Penghasilan

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Anggota DPRD Jawa Timur Siadi menyampaikan potensi wisata di Malang masih sangat besar. Hampir di setiap desa memiliki potensi wisata, seperti coban atau air terjun, sumber air, pegunungan, hingga pantai.


Hanya saja, kata Siadi, sejumlah tempat wisata itu masih butuh dana pengembangan dan penataan.

 "Kepinginnya ibu-ibu itu mas, seperti sumber air, coban, itu ditata menjadi tempat wisata. Karena kalau saya amati di Kabupaten Malang kemiskinannya masih cukup tinggi," ujar Siadi saat reses di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Rabu 1 Juni 2021.

 Anggota Fraksi Golkar itu yakin pengembangan potensi wisata akan membantu membangkitkan perekonomian, sehingga kemiskinan juga dapat teratasi.

 "Kemiskinan itu kantongnya di daerah pinggiran. Lah di Kabupaten Malang karena memang daerahnya masih di kelilingi gunung, daerah pinggiran di kelilingi pantai," katanya.

 Selama ini, ia melihat pengembangan desa wisata belum maksimal. Beberapa di antaranya terkendala dengan anggaran.

 Seperti yang ada di Kecamatan Lawang, ada sumber air besar. Karena refocusing anggaran pemerintah saat pandemi, masyarakat harus menyelesaikan pembangunan kolam pemandian dengan swadaya seadanya.

 Kini pembangunan sudah hampir selesai, tinggal fasilitas penunjang untuk mewadahi UMKM dan warga sekitar berjualan.

 "Kepenginnya memang itu dengan wisata yang dikembangkan, sumber air yang ada, apa itu dibuat sebagai warung yang dikelola BUMDES. Kalau itu terjadi mereka punya pemasukan. Kebanyakan yang disampaikan itu," ungkapnya.

 Siadi berharap program provinsi seperti dalam bentuk Jasmas bisa maksimal untuk mengakomodir aspirasi masyarakat tersebut, salah satunya pengembangan desa wisata.

 "Sebenarnya kalau anggaran pemerintah bisa hadir untuk itu pasti kemiskinan berkurang. Karena banyak orang datang ke temoat wisata itu," imbuhnya.


ikuti update rmoljatim di google news