Wapres Ma'ruf Amin Minta Dugaan Pemotongan Dana BOP Diusut Tuntas

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Pesantren Tebuireng Jombang/RMOLJatim
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Pesantren Tebuireng Jombang/RMOLJatim

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta dugaan penyelewengan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pesantren dari Kementerian Agama untuk diusut tuntas.


Hal itu ditegaskan KH Ma'ruf Amin disela aktifitas kunjungan kerja di sejumlah pesantren di Jawa Timur.

"Saya kira kalau memang betul ada, ya diproses saja secara hukum," ujar Ma'ruf Amin kepada wartawan usai meninjau Rumah Sakit Hasyim Asy'ari Pesantren Tebuireng Jombang, Sabtu (4/6).

BACA JUGA: ICW Ungkap Dana Bantuan Pesantren di Madura Dipotong 30 Persen

Namun demikian, Ma'ruf Amin meminta agar dugaan tersebut dapat dipastikan terlebih dahulu untuk dapat segera ditindaklanjuti penanganannya melalui jalur hukum.

"Aturan yang ada, ya diproses secara hukum saja, kalau memang itu ada. Oleh karena itu dipastikan dulu bahwa memang itu terjadi dan diproses secara hukum," tegasnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dugaan penyelewengan BOP untuk pesantren tersebut diungkapkan Indonesia Corruption Watch (ICW). Dalam temuan ICW, banyak terjadi pemotongan oleh oknum partai politik.

Usai di Tebuireng, Kiai Ma'ruf Amin bersama rombongan menuju Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar dan Universitas KH Wahab Chasbullah Tambakberas.