Okupansi Hunian di Kawasan Bromo Jelang Kasada Meningkat, Kamar Kapsul Bisa Jadi Solusi

Kamar kapsul di Grand Whiz/ RMOLjatim
Kamar kapsul di Grand Whiz/ RMOLjatim

Menjelang ritual Kasada di Gunung Bromo, tingkat hunian okupansi di lereng Tengger melonjak drastis.


Maklum, ritual Kasada yang dianggap sakral tersebut, menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun daerah lain.

Seperti Grand Whiz Hotel Bromo, tingkat okupansinya melonjak siginifikan dibandingkan hari-hari biasa.

"Kan kemarin ada acara Eksotika di gunung Bromo, kemudian tanggal 15 nanti juga ada acara Kasada. Jadi persewaan kamar dan Vila kita sudah banyak yang kebooking. Padahal waktu itu, kita tanpa ada promo. Kita hanya free BBQ depan kamar. Kemudian menginap free picnic package dan Breakfast di padang savana," kata Cluster Sales Manajer Jatim Grand Whiz Hotel, Ernasari, Minggu, (12/6

Bukan hanya warga Jawa Timur, lanjut Erna, kali ini memang banyak tamu dari Jawa Tengah yang akan menginap, selama bersamaan dengan acara Kasadah di Bromo. Bahkan, dari Instansi Badan Pertanahan juga turut menginap saat ada kegiatan eksotika Bromo.

Saking banyaknya tamu wisatawan, Grand Whiz Hotel Bromo  sudah mengantisipasinya dengan menyediakan  50 kamar dan 5 Vila, serta 75 kamar model kapsul.

"Kamar-kamar hotel kita banyak. Ada model kapsul, kebetulan di lokasi Bromo ini, hanya Grand Wizz Hotel yang ada kapsulnya,. Memang hanya untuk tidur, tapi bisa terasa nyaman karena di dalam ada TV, ber-AC, juga disediakan loker di depan tempat tidurnya," sambung Erna. 

Bukan hanya sekelas hotel mewah. Beberapa penginapan kecil di sepanjang jalur Tengger menuju Bromo, juga ikut merasakan dampak dari kegiatan di Bromo. 

"Waktu Eksotika kemarin kita full. Kemudian menjelang Kasada belum ada yang booking. Cuma biasanya dari tahun ke tahun, kalau pas ada acara Kasada dan belum pandemi, memang selalu full di kita. Karena ini penginapan kecil, sifatnya mereka yang menginap itu banyak datang mendadak. Tidak booking dulu," ujar Yuanita, salah satu pemilik penginapan di dekat lokasi wisata Bromo Tengger Semeru.