Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Tanam Seribuan Bibit di Lereng Argopuro

Penanaman bibit dilereng Argopuro Probolinggo. /RMOL Jatim
Penanaman bibit dilereng Argopuro Probolinggo. /RMOL Jatim

Seribuan bibit pohon Durian montong dan Alpukat ditanam di lereng Gunung Argopuro Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo.


Penanaman ini secara simbolis dilakukan oleh anggota DPRD Jawa Timur, dari Fraksi PPP, Habib Mahdi, bersama pihak Perhutani Lumajang dan Kepala Desa setempat. 

Habib Mahdi mengatakan, penanaman pohon bibit durian montong dan alpukat itu sebagai rehabilitasi hutan dan lahan, dalam rangka pengembangan hutan rakyat.

Ia mengungkapkan, agar warga masyarakat tetap melestarikan hutan di lingkungannya, baik itu hutan milik negara maupun hutan milik pribadi. 

Menurutnya, kelestarian hutan merupakan tanggungjawab semua kalangan. Oleh karena itu salah satunya dengan melakukan penanaman pohon bersama.

"Saya yakin, warga masyarakat di Desa Kertonegoro, ini benar-benar menjaga kelestarian hutan. Sengaja kami membagikan dua bibit pohon yakni durian montong dan alpukat pada masing-masing warga agar mereka menanam bibit itu dengan baik," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (17/6).

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Achmad Achyani, memberikan arahan kepada warga yang datang, tentang pentingnya kelestarian hutan yang menjadi tanggung jawab bersama.

“Kelestarian hutan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, ini tanggungjawab kita semua, sehingga kita harus melibatkan semua elemen masyarakat dan stakeholder di sekitar kawasan hutan ini,” ujarnya.

Penanaman dan pemberian bibit durian montong dan alpukat di dataran tinggi Desa Kertonegoro, Probolinggo, tersebut diharapakan agar benar-benar dilakukan pengawasan dan perawatan yang maksimal.