Ibuku, Lagu Ciptaan Anggota Polisi di Jatim ini Dapat Apresiasi dari Presiden RI ke 6 SBY

Kompol Moch Mukid saat bersama Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono/ist
Kompol Moch Mukid saat bersama Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono/ist

Anggota Polda Jatim Kompol Moch Mukid bersama D'Kobra Band binaannya dari Jombang hadir dalam acara mengenang almarhumah Ani Yudhoyono yang digelar Keluarga besar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (19/6) lalu.


Kompol Mukid bersama sejumlah personel band yang didirikannya ini hadir untuk memenuhi undangan keluarga besar SBY atas karya lagu ciptaannya berjudul “Ibuku” yang diciptakan khusus untuk almarhumah Ani Yudhoyono yang merupakan istri Presiden RI VI SBY.

Tampak pula hadir pada acara itu, dua Wakil Presiden SBY, yakni Jusuf Kalla dan Budiono. Hadir pula Menteri pendidikan periode 2009-2014 M Nuh dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie serta sejumlah artis.

"Kami dari Jombang, Jawa Timur ke sini untuk menghadiri undangan keluarga besar Bapak Presiden ke-6 SBY dalam acara mengenang 3 tahun meninggalnya ibu Hj Ani Yudhoyono,” kata Moch Mukid dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (21/6).

Pada acara tersebut, SBY yang memiliki hobi melukis juga menampilkan puluhan karyanya yang diletakkan sebelum ruang acara itu digelar. Para tamu undangan yang hadir pun tampak berkeliling untuk melihat lebih detail karya lukisan Presiden RI dua periode tersebut.

Mukid dengan D'Kobra Band yang pada saat itu keliling melihat lukisan kemudian foto bersama dengan SBY. Disela itu mereka juga foto bersama dengan kedua putra SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (EBY).

"Bapak SBY dan kedua putranya memberikan apresiasi lagu berjudul Ibuku yang saya ciptakan untuk Ibu Ani Yudhoyono. Beliau senang dan berterimakasih kepada kami," kata polisi kelahiran Kabupaten Kediri ini.

Di lokasi itu, acara dimulai dengan sambutan dari Agus Harimurti dan adiknya Edi Baskoro. Setelah sambutan, video tentang perjalanan panjang Hj Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono) semasa hidupnya bersama SBY diputar di layar raksasa di dalam gedung JCC.

Usai itu, dilanjutkan pemutaran beberapa video lagu ciptaan SBY dan lagu karya orang lain untuk Ani Yudhoyono yang sosoknya banyak dikagumi. Ada tiga lagu karya orang lain yang diputar dihadapan keluarga SBY dan ribuan tamu undangan yang hadir.

Lagu pertama yang diputar adalah Ibuku karya Kompol Moh Mukid yang diarasemen oleh D'Kobra Band dari Jombang. Semua yang hadir pun mendengar dan menonton video klip pada lagu tersebut.

"Alhamdulillah, ini kebanggaan bagi kami, dimana lagu itu disukai oleh Pak SBY dan keluarganya hingga diputar di sini yang ditonton ribuan orang tamu undangan di gedung JCC," kata mantan Kasat Resnarkoba Polres Jombang ini.

Lebih lanjut polisi yang sekarang bertugas di Ditresnarkoba Polda Jatim itu mengucapkan Terima kasih atas penghargaan dan apresiasi dari SBY dan keluarga besarnya terhadap lagu yang diciptakan beberapa hari setelah Ani Yudhoyono wafat.

Sekedar informasi, Ani Yudhoyono meninggal dalam perawatan di National University Hospital pada 1 Juni 2019 silam. Ani Yudhoyono dirawat di Singapura sejak 9 Februari 2019 akibat sakit kanker darah.

"Siangnya, sebelum menghadiri undangan di JCC, kami ziarah makam ibu Ani Yudhoyono, Presiden RI ke tiga BJ Habibie dan istrinya Ainun Habibie serta tiga mantan Kapolri, yakni Jenderal Pol (Purn) Dibyo Widodo, Jenderal Pol (Purn) Kunarto dan Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin," pungkasnya.