Jaksa Tanjung Perak Bersih-Bersih Pantai, Angkut 2 Truk Sampah Akibat Air Pasang

Jaksa dan Pegawai Kejari Tanjung Perak saat bersih-bersih pantai kawasan Taman Suroboyo/RMOLJatim
Jaksa dan Pegawai Kejari Tanjung Perak saat bersih-bersih pantai kawasan Taman Suroboyo/RMOLJatim

Aksi nyata terhadap kepedulian lingkungan dilakukan puluhan jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak dalam rangkaian menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 tanggal 22 Juli dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 22 yang jatuh pada 21 Juli 2022.


Dipimpin Kajari I Ketut Kasna Dedi, SH, MH, puluhan jaksa dan pegawai tersebut membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang bibir pantai kawasan Taman Suroboyo, Kecamatan Bulak Surabaya, Jum'at (15/7).

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan khususnya disalah satu objek wisata yang menurut saya sangat bagus dan cantik. Namun dikarenakan air laut pasang sehingga sampah-sampah terbawa naik dan menumpuk didaratan yang membuat kami ikut prihatin dan peduli untuk melakukan bersih-bersih pada hari ini," kata Kasna, sapaan akrab Kajari Tanjung Perak kepada wartawan.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut melibatkan 100 orang, dan diharapkan apabila pantainya bersih masyarakat akan datang berwisata ditempat ini sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian bagi masyarakat sekitar pantai Taman Suroboyo.

"Tentunya yang kami harapkan kalau pantai ini bersih masyarakat lebih tertarik berkunjung kesini sehingga dampaknya perekonomian disisi akan tumbuh dengan sendirinya," ujar Kasna.

Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi SH,MH saat mengangkat sampah yang terpendam di pasir pantai kawasan Taman Suroboyo/RMOLJatim

Selain bersih-bersih pantai, Kejari Tanjung Perak juga menggelar bhakti sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan di Jalan Tambak Asri dan Yayasan Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Tanwir di Jalan Rowo, Asemrowo. Di dua panti asuhan tersebut, Korps Adhyaksa yang berkantor di Jalan Kemayoran Baru memberikan paket sembako. 

Tak hanya itu, kegiatan bhakti sosial juga dilakukan dengan mengunjungi rumah para pegawai yang telah pensiun dan pernah bertugas di Kejari Tanjung Perak. Dua purna jaksa tersebut adalah Halimah dan Soemarto.

"Untuk kegiatan puncak HBA akan dilaksanakan di Kejati Jatim," tandas Kajari Kasna. 

Diketahui, bersih-bersih pantai sepanjang 1,2 kilometer tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 09.30. Kegiatan tersebut melibatkan ratusan orang yang terdiri jaksa fungsional maupun struktural, staf dan pegawai serta  anggota IAD Daerah Tanjung Perak.

Aksi bersih bersih pantai tersebut berhasil mengangkat berton-ton sampah dari bibir pantai. Sampah yang bersumber akibat air laut pasang itupun diangkut dengan menggunakan dua truk dan selanjutnya dibawa menuju TPA Benowo.