Kepolisian Sumenep Keliling Lakukan Penyemprotan Disinfektan Kandang Ternak Petani

Penyemprotan disinfektan di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep/RMOLJatim
Penyemprotan disinfektan di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep/RMOLJatim

Jajaran Kepolisian Polres Sumenep turut andil dalam penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan. Salah satunya dengan turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang hewan ternak.


Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, dalam penanganan PMK ini pihaknya melibatkan seluruh personel kepolisian termasuk Bhabinkamtibmas di seluruh kecamatan.

"Setelah beberapa waktu wabah PMK menjadi momok bagi peternak, khususnya peternak hewan berkuku belah. Pemkab Sumenep beserta jajaran Polres Sumenep merespon dengan cepat untuk melakukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran PMK," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (15/7).

BACA Juga: Di Sumenep 300 Ternak Terpapar Virus PMK, Ini Langkah DKPP

Menurut AKP Widiarti, Kapolres Sumenep menginstruksikan Bhabinkamtibmas di seluruh polsek jajaran untuk melakukan pengecekan ke setiap peternakan sapi, kambing dan kerbau milik warga.

“Diharapkan, dengan adanya penyemprotan disinfektan ini, maka setidaknya dapat meminimalisir penyebaran wabah PMK terhadap hewan ternak,” harap Widi.

Selain melakukan penyemprotan disenfektan dan sosialisasi, sambung AKP Widiarti, Bhabinkamtibmas juga melakukan himbauan Kamtibmas demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif.