Musim Hajatan, Harga Cabai Merah Besar Naik

Penjual cabai di Pasar Setono Betek, Kota Kediri
Penjual cabai di Pasar Setono Betek, Kota Kediri

Karena banyaknya permintaan dari masyarakat untuk cabe merah besar, mempengaruhi kenaikan harga cabe merah besar.


Semula, harga cabe merah besar berada dikisaran Rp. 80 ribu per kilogramnya, saat ini naik di angka Rp. 90 ribu rupiah per kilogramnya. 

Permintaan yang tinggi dari masyarakat ini, karena banyaknya masyarakat yang sudah mulai menggelar acara hajatan pernikahan.  Sehingga, sangat mempengaruhi kenaikan harga cabe merah besar. 

Berbanding terbalik, untuk cabe rawit, yang semula berada di harga Rp. 100 ribu per kilogramnya, saat imi turun drastis di angka Rp. 65 ribu rupiah. Turunnya harga cabe rawit ini, karena pasokan dari petani mulai normal kembali, dan penyakit jamur antraknusa yang menyerang cabe rawit sudah mulai hilang. 

Salim Darmawan Kabid perdagangan, Disperdagin Kota Kediri mengatakan, masih terus melakukan pengawasan harga dari hari ke hari terkait dengan naik turunnya harga kebuuut tuhan pokok di Kota Kediri. 

"Penutunan harga cabai rawit mengalami kenaikan, karena oeang yang menggelar acara hajatan seperti penikahan dan khitanan di Kota Kediri. Sehingga dengan adanya permintaan cabai yang tinggi maka berpengaruh pada harga," kata Salim dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (18/7). 

Salim menambahkan, masyarakat juga tetap dihimbau untuk berbelanja lebih bijak, agar tidak mempengaruhi kenaikan harga kebutuhan pokok. Pihaknya juga selalu melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di beberapa pasar di Kota Kediri, agar harga kebutuhan pokok tetap stabil.