Solo Technopark Tumbuhkan Banyak Startup, Ini Catatan Prestasi Gibran

Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka/Net
Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka/Net

Walikota Surakarta yang juga Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka sukses membangun Solo Technopark yang masuk peringkat 15 besar lembaga inkubator nasional. 


Kabar tersebut diumumkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) melalui acara Inkubasi Award 2023 di Jakarta, Senin (18/12). Acara ini merupakan langkah awal dalam penilaian dan promosi lembaga inkubator berkualitas di Indonesia.

Keberhasilan Solo Technopark, dikawal oleh Solo Techno Incubator, menjadi hasil nyata dari kebijakan positif Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam ajang kompetisi ini, Solo Techno Incubator bersaing dengan lebih dari 300 lembaga inkubator lainnya di Indonesia.

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKop UKM, Siti Azizah menegaskan, pentingnya lembaga inkubator dalam strategi nasional untuk mendorong pertumbuhan wirausaha dan startup.

Dukungan ini sejalan dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang menempatkan kegiatan inkubasi dalam klaster UMKM, dengan tujuan menciptakan usaha baru kompetitif dan berbasis ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) adalah dengan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inklusif untuk pemuda. Dan strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai target pertumbuhan wirausaha baru dan start-up yaitu melalui lembaga inkubator,” ungkap Siti Azizah.

Prestasi Solo Techno Incubator adalah hasil dari upaya keras dan inovasi tim dalam mendukung perkembangan startup dan UMKM. Program-program seperti Smeska, Solocorn, dan SHINE Talk dirancang untuk memberikan pelatihan dan bimbingan spesifik, menargetkan berbagai aspek bisnis.

Pencapaian ini didukung oleh pengembangan Solo Technopark yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gibran Rakabuming pada 6 Februari 2023 lalu.

Solo Technopark, seluas 5 hektar, berfokus pada transformasi digital dan pengembangan human capital, diharapkan menjadi katalisator pertumbuhan startup baru di Indonesia dan memperkuat kolaborasi lintas sektor.

Gibran juga membuka resmi Solo Techno Park. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menyatakan fasilitas ini menjadi ruang kolaborasi menarik untuk melahirkan wirausaha baru.

“Para anak muda Kota Solo bisa mengembangkan skill dan kemampuan di sini (Solo Technopark). Ada meeting room para anak muda dari kampus UNS, ISI maupun Akademi Tekstil dan mahasiswa lainnya bisa berkumpul menyalurkan ide dan kreativitas di hub-hub yang telah tersedia,” ungkap Gibran.

Kolaborasi antara pemerintah dan swasta di Solo Technopark, melibatkan mitra seperti Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas, dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, menjadi bukti nyata keberhasilan upaya ini.

Prestasi Solo Technopark dalam Inkubasi Award 2023, meraih Grade A dari 300 peserta, bukan hanya menunjukkan keberhasilan mereka sendiri, tetapi juga merupakan langkah penting dalam perkembangan ekosistem startup dan ekonomi digital di Indonesia.

Dukungan yang diberikan oleh Gibran sebagai pemimpin muda, terbukti berhasil menciptakan kebijakan efektif, mendorong lahirnya para pengusaha muda di bidang ekonomi digital, dan membawa kebanggaan bagi komunitas ini.