DPRD Banyuwangi Tagih Eksekutif Serahkan Dokumen KUPA-PPAS

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono saat memimpin rapat Badan Musyawarah yang dihadiri sejumlah anggota/ist
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono saat memimpin rapat Badan Musyawarah yang dihadiri sejumlah anggota/ist

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi menagih Pemkab setempat atau eksekutif segera menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Perubahan Anggaran, Prioritas Plafon Anggaran Sementara atau KUPA-PPAS, atas Raperda Perubahan APBD tahun 2022 serta KUA PPAS APBD tahun 2023.


Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengatakan, hal itu dilakukan untuk dapat melakukan percepatan dan kepastian dalam pembahasannya.

“DPRD ini mengingatkan kepada eksekutif untuk menyerahkan dokumen KUPA-PPAS tahun 2022 karena sudah waktunya, dan selanjutnya KUA-PPAS tahun 2023, agar ada kepastian jadwal dan tidak hanya kira-kira,” tegas Ruliyono, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (2/8).

Usai rapat Badan Musyawarah di ruang rapat Komisi III, Ruliyono mengaku juga menyusun kegiatan strategis DPRD maupun alat kelengkapan dewan (AKD) untuk bulan Agustus tahun ini.

“Rapat Banmus tadi kita agendakan rapat paripurna pengesahan dua Raperda pada pekan ini,” ucapnya.

Adapun, dua raperda yang dimaksud antara lain, Raperda tentang Pencabutan atas Perda Nomor 7 tahun 2010 tentang Penataan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan. Kedua, Raperda perubahan atas Perda Nomor 3 tahun 2017 tentang Perangkat Desa.

“Selain itu, Banmus juga menekankan kepada AKD, Bapemperda untuk fokus penyelesaian pembahasan raperda yang sudah menjadi kesepakatan dalam Propemperda Tahun 2022,” katanya.

Sebab, Propemperda tahun ini, kata dia, mengalami berbagai kendala. Seiring dengan terbitnya Undang-undang Cipta Kerja, sehingga dibutuhkan penyesuaian dengan aturan tersebut.

“Dengan terbitnya Undang-undang Cipta Kerja, pembahasan Propemperda Tahun 2022 mengalami hambatan. Karena banyak regulasi di daerah yang harus disesuaikan," pungkas Ketua DPD Golkar Banyuwangi itu.

IMG-20220802-WA0005.jpg


ikuti update rmoljatim di google news