Ribuan Maba UNS Catat Rekor MURI Mewarnai Batik di Kain Terpanjang 3.300 Meter

Ribuan mahasiswa baru UNS sukses torehkan rekor MURI/Ist
Ribuan mahasiswa baru UNS sukses torehkan rekor MURI/Ist

Satu lagi Universitas Sebelas Maret (UNS) memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Yakni Rekor Mewarnai Batik di Kain Terpanjang oleh Mahasiswa Baru (Maba) UNS. Rekor ini diikuti 7.255 Maba UNS pada kain yang telah diberikan pola sepanjang 3.300 meter.


Pemecahan rekor MURI tersebut masuk dalam agenda Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS Surakarta Arjunagata 2022, di komplek Kampus UNS, Minggu (21/8).

Pengukuhan rekor mewarnai batik pada kain terpanjang oleh Maba UNS disampaikan oleh Sri Widayati selaku representative MURI, ditandai dengan penyerahan piagam Rekor MURI pada Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, di Halaman Gedung dr. Prakosa UNS.

"Pada hari ini, Minggu, 21 Agustus 2022, kembali mencatatkan prestasi di MURI dengan mewarnai batik pada kain terpanjang yakni 3.300 meter dan Maba UNS yang mewarnai sebanyak 7.255 orang, Selamat atas pencapaian prestasi membanggakan ini," ujar Sri Widayati, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Sementara Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan rasa bangganya atas penganugerahan rekor Muri ini.

"Saya bangga pada kalian semua, Maba UNS yang meski baru masuk di UNS tetapi sudah mengukir prestasi yang luar biasa," ujar Prof. Jamal dalam sambutannya.

Prof. Jamal menambahkan bahwa ini adalah pemecahan rekor Muri UNS yang ke-13.

"Saya yakin tahun 2022, kami punya amunisi baru. Karena lebih dari 10.000 mahasiswa UNS masuk sebagai saringan pilihan dari calon mahasiswa yang mendaftar di UNS lebih dari 70.000 orang. Artinya kalian adalah generasi pemenang untuk masuk di gerbang Perguruan Tinggi (PT) di UNS. Saya ucapkan terima kasih dan selamat atas pemecahan rekor Muri ini," tutup Prof. Jamal.

Pada tahun lalu, PKKMB UNS Candradimuka 2021 juga berhasil memecahkan rekor MURI yakni pembuatan konfigurasi papermob dengan jumlah peserta terbanyak, yakni 5.200 Maba UNS.