Dukung Kerja TP PKK, Bupati Malang Serahkan Hibah Uang

 Bupati Malang, Drs.H.M. Sanusi, M.M saat memberikan hibah uang secara simbolis kepada Ketua TP PKK, Hj. Anis Zaida/Ist
Bupati Malang, Drs.H.M. Sanusi, M.M saat memberikan hibah uang secara simbolis kepada Ketua TP PKK, Hj. Anis Zaida/Ist

Dalam upaya mendukung kinerja Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Malang, Bupati Drs. H.M. Sanusi, M.M secara simbolis serahkan hibah uang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat (2/9).


Bantuan hibah uang tersebut, langsung diterima oleh Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaida. Kemudian diteruskan secara simbolis kepada Ketua TP PKK Kecamatan Pujon, Singosari, Tumpang, Kepanjen, Gondanglegi, Gedangan dan Ampelgading.

"Diberikannya hibah ini, untuk mendorong kegiatan PKK agar lebih bekerja secara maksimal. Tak lain, tujuannya adalah memperdayakan masyarakat se-Kabupaten Malang. Dengan hibah uang ini, maka kita bantu PKK untuk biaya operasionalnya. Sehingga mereka bisa bergerak untuk melakukan program-program yang sudah ditentukan, yang mana masing-masing Kecamatan Rp 25 juta," ujar H. Sanusi.

Bahkan, orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut menyampaikan, pada sebelumnya kegiatan bantuan itu tidak pernah ada. 

"Biasanya, mereka biaya operasionalnya dibantu seadanya oleh Camat. Padahal, peran PKK sangat besar dalam pemberdayaan keluarga. Sehingga ini sangat penting, karena dari situlah nanti terbentuk negara yang kuat, dengan dasarnya dari keluarga yang kuat," tandas H. Sanusi. 

Selain itu, ia juga memaparkan, bahwa PKK sejatinya adalah garda terdepan dalam mewujudkan program pembangunan, sekaligus menjadi jaring pengaman yang mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat. 

"Apabila tidak ada harmonisasi dari tingkat hulu hingga hilirnya, maka program dan kegiatan PKK akan timpang dan tidak dapat berjalan sinergis. Untuk itulah, program dan kegiatan pada tiap jenjang PKK hendaknya dapat disinkronisasikan dengan arah pembangunan, yang mana secara linier juga harus mampu mengaktualisasikan Sepuluh Program Pokok PKK," terangnya. 

H. Sanusi juga berpesan kepada TP PKK Kabupaten Malang, agar hibah tersebut nantinya dapat dipergunakan dengan baik dan maksimal, serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Semoga hibah dari Pemerintah Kabupaten Malang ini benar-benar dapat memberikan manfaat yang nyata, untuk mendukung peran sekaligus fungsi dari PKK sebagai katalis pembangunan masyarakat berbasis keluarga, agar terwujud cita-cita kemakmuran dan kesejahteraan, sebagaimana kita harapkan bersama," tuturnya. 

Ia pun juga mengapresiasi TP PKK dan juga kader PKK di Kabupaten Malang, yang selama ini telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat dan daerah Kabupaten Malang.

"Dengan terwujudnya pelaksanaan Sepuluh Program Pokok PKK secara masif, insyaallah jalannya pembangunan di Kabupaten Malang juga akan semakin lancar, semakin terbantu dan semakin sukses. Yang mana, diharapkan PKK juga dapat memberikan warna tersendiri bagi jalannya pembangunan, dalam rangka menuju Kabupaten Malang Makmur," pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut, juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, sejumlah Kepala Daerah dan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Wakil Ketua I, II, Ketua Pokja I, II, III, IV dan seluruh Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Malang.