Pimpin Napak Tilas Mayangkara, Bupati Yuhronur: Momentum Tanamkan Nasionalisme Demi Lamongan Berkeadilan

Bupati Lamongan Yuhronur Enfendi saat melepas pemberangkatan gerak jalan perjuangan atau gerak jalan napak tilas Mayangkara/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Enfendi saat melepas pemberangkatan gerak jalan perjuangan atau gerak jalan napak tilas Mayangkara/RMOLJatim

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melepas sebanyak 287 regu peserta gerak jalan perjuangan atau gerak jalan napak tilas Mayangkara melintas di jalan Mantup Lamongan, Sabtu (3/9).


Peserta terdiri dari regu pelajar putra, regu pelajar putri, serta dari kategori umum.

Bupati Lamongan yang karib dipanggil Pak Yes mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum untuk menanamkan jiwa kejuangan yang sudah ada sejak dulu di Lamongan.

Dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme akan memudahkan dalam mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

"Dengan memantapkan jiwa nasionalisme pasti akan mempermudah kita dalam mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Karena dengan peringatan napak tilas Mayangkara tiap tahunnya pasti akan memotivasi kita menerapkan nilai-nilai kejuangan layaknya leluhur kita dahulu," ujar Pak Yes dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Gerak jalan napak tilas Mayangkara merupakan kegiatan sebagai peringatan dari perjuangan prajurit Batalyon Mayangkara yang dikomandani Jarot Subiyantoro saat melawan penjajah pada zaman Belanda tahun 1945 hingga 1955.

Masing-masing regu yang berjumlah 7 orang itu menempuh jarak 19 Km untuk mencapai finish yang bertempat di Pendopo Lokatantra Lamongan. Karena melintasi jalan raya yang aktif maka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan Kandam mengutus untuk menjaga lalu lintas.

"Karena melintasi jalan raya maka jagalah ketertiban untuk lalu lintas dan berhubungan dengan jarak tempuh yang panjang maka seluruh peserta jangan sampai dehidrasi," tuturnya.

Sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-77 RI, kegiatan ini diberikan apresiasi berupa doorprize. Doorprize yang disiapkan terbagi menjadi 2 yakni undian untuk seluruh peserta karena setiap peserta diberikan kupon dan hadiah untuk pemenang yang memiliki kriteria kekompakan, ketepatan waktu tempuh, dan kostum menarik yang digunakan.