Sukses Gelar Karnaval Budaya, Wali Kota Sutiaji: Bukti Malang Miniatur Indonesia

Wali Kota Malang H Sutiaji didampingi istri dan Wakil Wali Kota Malang H Sofyan Edi Jarwoko didampingi istri pada kegiatan Karnaval Kota Malang/Ist
Wali Kota Malang H Sutiaji didampingi istri dan Wakil Wali Kota Malang H Sofyan Edi Jarwoko didampingi istri pada kegiatan Karnaval Kota Malang/Ist

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sukses menggelar karnaval bertemakan "Bangkit Bermartabat" dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77. Wali Kota Malang H Sutiaji merasa bangga dan mengapresiasi peran semua pihak. 


"Hal ini merupakan bentuk rasa syukur kemerdekaan dan promosi (budaya dan potensi kota). Terima kasih juga para penonton yang tertib. Pawai budaya ini bukti bahwa Malang adalah miniatur Indonesia,” ujar H Sutiaji saat didampingi Ketua TP PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji dengan mengenakan busana daerah Sumatera Barat, Minggu (11/9).

Dalam kegiatan karnaval yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, H Sutiaji juga sangat optimis Kota Malang turut menggerakkan ekonomi secara riil di masyarakat.

"Kami melihat, mulai penjual jajanan dan semua kuliner laris semua. Apabila kegiatan sukses, maka ekonomi pasti jalan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (12/9).

Karnaval Kota Malang tersebut diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai instansi, organisasi masyarakat dan komunitas. Bahkan, puluhan ribu masyarakat tampak menyaksikan dan memadati koridor Kayutangan Heritage, Jalan Semeru hingga Jalan Ijen Kota Malang.

"Antusiasme warga dan peserta untuk menyemarakkan gelaran Karnaval Kota Malang sangat tinggi. Hal ini menguatkan aura optimisme kebangkitan di tengah tekanan ekonomi global pascapandemi," tegasnya.

Pada kegiatan karnaval tersebut, berbagai kreativitas sarat budaya dari penjuru nusantara turut menghiasi dalam menghibur penonton. Mulai dari tarian khas malang, bantengan, reog, tradisi madura, hingga kekayaan budaya Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, hingga Papua. 

Selain itu, juga turut dimeriahkan dengan atraksi spektakuler dari marching band Taruna Nala, marching band 502 dan persatuan drum band Indonesia Malang

Nampak juga Wakil Wali Kota Malang, H Sofyan Edi Jarwoko yang mengenakan busana tradisional Aceh, beberapa kali turut didapuk turun panggung dan berbaur dalam nada dan gerak budaya yang ditampilkan bersama Wali Kota Malang, H Sutiaji.