Bantuan Beasiswa MI dan MTS Mulai Disosialisasikan, Bupati Malang: Ini Bentuk Keseriusan Pemerataan di Bidang Pendidikan

 Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M saat memberikan sambutan/Ist
Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M saat memberikan sambutan/Ist

Bantuan Beasiswa MI dan MTS Mulai Disosialisasikan, Bupati Malang: Ini Bentuk Keseriusan Pemerataan di Bidang Pendidikan


"Tentu hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Malang, sebagaimana telah dituangkan dalam Misi 1 Pembangunan RPJMD Kabupaten Malang tahun 2021-2026, yakni mewujudkan kesejahteraan rakyat, membangun sumber daya manusia unggul," ujar H. Sanusi di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Rabu (14/09) 

Masih kata H. Sanusi, Pemerintah Kabupaten Malang menyadari pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bahkan kinerja pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, digunakan sebagai salah satu variabel dalam menghitung Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, bersama dengan variabel kesehatan dan ekonomi. 

"Untuk itu pembangunan bidang pendidikan harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global," jelasnya.

Orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut menjelaskan, dengan adanya dukungan anggaran untuk biaya operasional sekolah melalui beasiswa tersebut, dapat menjadi langkah strategis untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan, sekaligus untuk mengatasi persoalan pendidikan, terutama bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. 

"Dengan demikian, para orang tua juga akan terbantu, serta para siswa-siswi yang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan MI dan MTs dapat lebih fokus serta lebih bersemangat untuk belajar dan bersekolah. Kemudian semakin berprestasi kedepannya," tutur H. Sanusi. 

Selain itu, H. Sanusi juga menyampaikan, melihat manfaat strategis dari pemberian beasiswa tersebut, seluruh peserta sosialisasi diharapkan agar benar-benar dapat mengikuti kegiatan dengan seksama. Agar penyaluran beasiswa juga dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran. 

"Kami berharap dengan semakin besarnya perhatian Pemkab Malang terhadap bidang pendidikan, utamanya kepada pendidikan MI dan MTs. Maka akan semakin besar pula kesadaran seluruh komponen dan masyarakat Kabupaten Malang, untuk bersama-sama berjuang meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang. Sehingga dapat melahirkan generasi cerdas, berakhlak, bermoral, dan memiliki keterampilan serta kemampuan berkelas dunia," pungkasnya. 

Nampak hadir dalam Kegiatan tersebut yaitu perwakilan Forkopimda Kabupaten Malang dan sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, para Kepala MI dan MTs se-Kabupaten Malang, serta kepada seluruh peserta sosialisasi.