Salurkan Bantuan, Gubernur Khofifah Sisir Warga Jember Terdampak Kenaikan BBM

Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu di Jember/RMOLJatim
Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu di Jember/RMOLJatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyalurkan bantuan untuk warga warga Jember, pada Minggu (18/9). Bantuan untuk meringankan beban masyarakat Jember yang terdampak akibat naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).


Kehadiran Gubernur Khofifah didampingi sejumlah pejabat Pemprov Jatim ini, disambut langsung PLH Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Jember Arief Tjahjono mewakili Bupati Jember Hendy Siswanto, yang sedang ada kegiatan secara bersamaan.

"Misi kami melaksanakan program pengendalian dampak inflasi dan kenaikan harga BBM," ujar Gubernur Khofifah, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

"Karena itu Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran sebesar Rp257 Miliar," sambungnya.

Dia menjelaskan anggaran tersebut salah satunya akan diberikan kepada kelompok yang sangat terdampak dengan naiknya harga BBM. Diantaranya, sopir angkot dan ojek online (ojol). Untuk saat ini, ojol memang lebih banyak berada di Surabaya dan kota-kota besar lain di Jawa Timur. 

"Namun, untuk saat ini, kami masih menyisir di daerah lain seperti Jember," ujar Gubernur Khofifah yang juga ketua umum PP Muslimat NU ini.

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Bersama Samsat, jalan Teratai Jember, dengan memberikan bantuan kepada para anak yatim piatu.

Selain itu bantuan juga diberikan kepada para anak-anak penyandang disabilitas berat. Pada dasarnya, mereka sudah mendapatkan bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan dari Pemprov Jatim selama ini. Namun pemprov menambahkan senilai Rp600 ribu untuk pencairan September dan November.

"Harapannya, pihak keluarga bisa memberikan perawatan yang lebih baik, kepada penyandang disabilitas berat, dapat terdukung oleh bantuan sosial yang diberikan itu," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, pemprov Jatim, juga menggelar pasar murah berkualitas bagi warga Jember.

Selain itu, Gubernur Khofifah, dijadwalkan memberikan bantuan kepada para nelayan di Jember. Menurut rencana acara tersebut, akan digelar sekitar pantai selatan di wilayah Kecamatan Puger.

"Saya Insya Allah Senin (19/9) menyalurkan bantuan untuk para nelayan di Puger," terangnya. 

Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengendalikan dampak inflasi dan kenaikan BBM. Nantinya, bantuan juga akan diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).