Tekan Angka Pengangguran, Anwar Sadad Dorong Perbanyak Pelatihan untuk Generasi Milenial

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengadakan pelatihan audio visual dan service ponsel  di Balai Desa Randugong Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan pada Senin (19/9). Acara itu sebagai bentuk langkah konkrit untuk memberdayakan generasi milenial di Jatim.


Menurut Anwar Sadad, di balik kegiatan pelatihan tersebut, bagi Gerindra, ada agenda besar yang ingin didapat yaitu menyiapkan tenaga terampil menyambut geliat investasi di Jatim yang dalam beberapa tahun terakhir meningkat.

"Karena jika tidak menyiapkan tenaga terampil dengan baik, risikonya akan diisi oleh tenaga kerja asing," tegasnya.

Anwar Sadad mengaku tak bisa menyembunyikan rasa penasarannya. Di satu sisi kinerja investasi di Jatim begitu moncer, tapi di sisi lain pengangguran tak kunjung membaik.

"Tingkat pengangguran terbuka di tahun 2022 naik 1,57 persen dibandingkan tahun 2020, padahal realisasi investasi pada paruh pertama 2022 tumbuh 69,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," jelasnya.

Menurut Sadad, jika masalahnya ada pada minimnya tenaga terampil, dapat dengan mengoptimalkan balai-balai pelatihan yang dimiliki Pemprov dan BLK Komunitas di banyak daerah.

 "Mengoptimalkan 16 BLK dan puluhan LPK (lembaga pelatihan kerja, red) serta BLK milik lembaga-lembaga lainnya merupakan cara paling efektif untuk menyiapakan tenaga kerja terlatih." kata pria yang dikabarkan akan maju di Pilgub Jatim 2024 itu.