Kunjungi Malang, Presiden Jokowi Disambut Teriakan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi saat dalam perjalanan menuju Stadion Kanjuruhan disambut terikan dan poster usut tuntas Tragedi Kanjuruhan /RMOLJatim
Presiden Jokowi saat dalam perjalanan menuju Stadion Kanjuruhan disambut terikan dan poster usut tuntas Tragedi Kanjuruhan /RMOLJatim

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Malang, Rabu (5/10). Salah satu agendanya meninjau tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang terjadi usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10) malam lalu.


Kunjungan Presiden Jokowi itu disambut masyarakat dengan teriakan seraya membentangkan spanduk bertuliskan "Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan".

"Pak Jokowi usut tuntas, usut tuntas, usut tuntas, Pak Jokowi," teriak masyarakat di jalan depan Gedung DPRD Kabupaten Malang.

Salah satu warga, Muhammad Sulaiman Wahyu Adi yang ikut meneriakkan dan membentangkan spanduk saat rombongan Presiden Jokowi lewat tersebut mengatakan, aksi itu untuk menyuarakan nasib masyarakat Kabupaten Malang yang menjadi korban saat tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

"Kami melihat wakil rakyat di gedung DPRD Kabupaten Malang kurang lantang menyuarakan, padahal ini menyangkut nasib dari masyarakat Kabupaten Malang," ujarnya.

Menurut dia, DPRD Kabupaten Malang seharusnya bersuara lantang soal tragedi di Stadion Kanjuruhan untuk diusut tuntas.

"Kami berharap, DPRD sebagai wakil rakyat khususnya di Kabupaten Malang berbicara dengan lantang. Persoalan pada kejadian itu, karena gas air mata. Bukan karena yang lainnya. Sebenarnya pada tahun 2018 pernah terjadi, yaitu karena gas air mata," tandasnya

Sulaiman mendesak agar tragedi Kanjuruhan diusut tuntas. Salah satunya, oknum polisi yang menembakan gas air mata harus ditemukan.

"Kami benar-benar menginginkan oknum yang melakukan penembakan atau pelemparan gas air mata dapat diungkap. Karena sudah menyebabkan banyak korban," pungkasnya.