Cegah Kemacetan Saat Peringatan Maulid Nabi, Polsek Blega Pantau Arus Mudik "Toron" 

Polsek Blega pantau arus lalu lintas/RMOLJatim
Polsek Blega pantau arus lalu lintas/RMOLJatim

Tradisi "toron" atau mudik untuk memperingati hari besar agama biasa dilakukan masyarakat Madura. Setiap tahun, warga Madura yang ada di perantuan pulang kampung untuk merayakan hari disakralkan menurut agama anutannya. Salah satunya saat perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau lebih dikenal dengan istilah Maulid Nabi Muhammad.


Di Madura, setiap peringatan Maulid Nabi, sebelum atau sesudah perayaan, kerap terjadi lonjakan arus lalu-lintas. Akibat kepadatan kendaraan itu, sering kali terjadi kemacetan di sejumlah akses lalu lintas di wilayah Kabupaten Bangkalan. Salah satunya jalan raya Blega, yang merupakan jalur penghubung antar kabupaten. 

Jalan Raya Blega yang berada di wilayah paling timur Kabupaten Bangkalan, merupakan jalan utama, akses menuju tiga kabupaten lainnya di Madura, yaitu Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Sebab itu jalan raya Blega memiliki intensitas arus lalu lintas dan tingkat kemacetan tinggi.

Kapolsek Blega, Iptu M.Syamsuri, menuturkan dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadi kemacetan akibat arus mudik pada perayaan Maulid Nabi tahun ini, Polsek Blega menurunkan 5 personilnya untuk mengatur dan mengurai kendaraan yang melintas di Jalan Raya Blega.

"Kondisi saat ini juga tidak lepas dari kepadatan arus mudik mengingat hari lahir Nabi Muhammad SAW, 12 Robiul 1444 H/2022," jelas Kapolsek, Minggu sore (9/10).

Selain hal tersebut. Dikatakan Kapolsek, patroli juga dilakukan untuk kemanan dan ketertiban pengendara, bertujuan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

“Pengaturan lalin ini juga untuk menciptakan ketertiban pengguna kendaraan bermotor di jalan raya supaya terhindar terjadinya laka-lantas, dan Alhamdulillah situasi dan kondisi aman Kondusif," tegasnya.

Kapolsek Blega bersama anggotanya mulai melaksanakan patroli dan memantau lalu-lintas sejak pukul 16.00 WIB, sore. Polsek Blega termasuk dalam wilayah hukum Polres Bangkalan.[hsn]


ikuti update rmoljatim di google news