Tawarkan Gaya Hidup Halal, Hijrahfest Bakal Diikuti Ratusan Pengusaha UMKM dari Berbagai Sektor

Arie Untung saat menggelar konferensi pers/ RMOLJatim
Arie Untung saat menggelar konferensi pers/ RMOLJatim

Setelah sukses digelar di Jakarta, Hijrahfest akan digelar di Kota Pahlawan untuk membangkitkan perekonomian UMKM dan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya gaya hidup halal bagi warga metropolis.


Hijrahfest bertajuk Surabaya Islamic Festival yang digelar di Jatim Expo mulai 14 sampai 16 Oktober ini akan diikuti 150 pengusaha UMKM baik dari sektor makanan, travel, hingga busana muslim. 

Dan Ari Untung sebagai penggagas acara yang memadukan pameran dan dakwah akan diminati 85,1 persen warga muslim Surabaya dan sekitarnya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan, menggerakkan, dan membuka potensi halal lifestyle di Surabaya dan sekitarnya melalui 150 stan pameran aneka produk halal baik makanan, moslem fashion, halal travel, beauty dan personal care, keuangan syariah, sampai dengan financial technology," kata Arie Untung, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat konferensi pers di Surabaya, Selasa (11/10).

Arie Untung menerangkan, acara yang memadukan dakwah dan perdagangan ini waktu digelar di Jakarta mampu mencatatkan nilai transaksi sekitar Rp. 28 Milyar, dan diharapkan saat diadakan pertama kalinya di Surabaya mampu melebihi event sebelumnya. Tentunya ii selaras dengan program Pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat produk halal pada 2024.

"Surabaya dan Jawa Timur tentunya memiliki basis umat Islam yang sangat besar. Oleh karenanya dalam persiapannya perlu banyak melakukan treatment berbeda jika dibanding dengan penyelenggaraan Road to Hijrahfest di kota-kota besar lainnya," ucap mantan VJ MTV tersebut.

"Di Surabaya kami belajar bagaimana untuk tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang ada, dan rasanya event yang kami adakan selama ini, masih belum sempurna, jika dibandingkan dengan kajian yang diadakan para guru/asatidz/habaib di Surabaya dan Jawa Timur ini, yang jika sekali buat kajian, bisa ribuan sampai puluhan ribu orang hadir mengikutinya. Masyaallah," sambungnya.

Dengan rangkaian acara yang akan menghadirkan puluhan ustaz ternama dari Surabaya dan nasional, seperti KH. Cholil Nafis, Gus Ali, Habib Idrus Alaydrus, Ustaz Wijayanto dan Ustaz Oemar Mita dan didukung komunitas muslim. Arie Untung meyakini Surabaya Islamic Festival bakal dihadiri ribuan orang selama tiga hari digelar.

"Kami berharap Insya Allah, Surabaya Islamic Festival ini akan menjadi tonggak sejarah baru dalam menumbuhkan halal lifestyle serta mempererat ukhuwah umat Islam di Surabaya dan sekitarnya yang akan mendorong perkembangan Islam dengan menebar rahmatan lil ‘alamin," pungkasnya.

Dari selebaran yang beredar, Hijrahfest Surabaya Islamic Festival juga bakal dihadiri artis hijrah Musawarah seperti Arie Untung - Fenita Arie, Dude Harlino - Alyssa Soebandono, Mario Irwinsyah, Cupink Topan, Rizky - Ridho, Taqy Malik, Natta Reza - Wardah Maulina, dan pengisi lainnya.