Pastikan Masuk Verifikasi Faktual, PKN Jatim Juga Yakin Lolos Kontestan Pemilu 2024

Pengurus Pimpinan Daerah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Jatim/ist
Pengurus Pimpinan Daerah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Jatim/ist

Masuk dalam tahapan terakhir verifikasi faktual, Pimpinan Daerah (Pimda) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Jatim yakin bisa lolos hingga menjadi konstetan Pemilu 2024.


Dalam verifikasi faktual yang dilakukan KPU dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Pimda PKN Jatim mampu menunjukan 3 item primer sebagai syarat lolosnya PKN Jatim ke Pemilu 2024.

"Secara umum sebetulnya sudah berjalan dengan baik ya, dalam 3 item primer untuk verifikasi faktual itu sudah posisi MS (memenuhi syarat). Kantor sekretariat itu sudah dalam posisi MS, secara kepengurusan sudah dalam posisi MS, keterwakilan perempuan sudah dalam kondisi MS artinya sudah melampaui keterwakilan memperhatikan 30 persen perempuan," kata divisi hukum KPU Provinsi Jawa Timur, M. Arbayanto dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (17/10).

Meski secara garis besar PKN Jatim lolos verifikasi faktual, namun tetap ada sedikit ganjalan dalam verifikasi faktual tersebut.

Hal ini dikarenakan ada sejumlah orang pengurus masih belum bisa menghadiri verifikasi faktual ini.

"Tapi memang ada beberapa personil kepengurusan belum bisa dihubungi sehingga masih dalam posisi belum memenuhi syarat, artinya temen-temen dari PKN diberi kesempatan untuk masuk dalam perbaikan verifikasi faktual yang untuk menyelesaikan yang 4 pengurus yang belum bisa dihadirkan," terang Arbayanto.

Namun Arbayanto memastikan jika 3 item primer sudah terpenuhi. 

"Terganjal karena belum bisa dihadirkan. Sebetulnya posisinya hanya untuk memastikan kehadiran. Kalau item primer sudah MS," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pimda PKN Jatim, Kelana Aprilianto bersyukur dengan hasil yang sudah menjalankan verifikasi faktual pada hari ini.

"Sebagai ketua, Alhamdulillah Partai Kebangkitan Nusantara Pimda Provinsi Jawa Timur, merasa senang dan bersyukur, dari hasil verifikasi faktual KPU dan Bawaslu Jawa Timur, bahwasanya PKN Pimda Jawa Timur dari segi pengurus ini sudah selesai, cuma ada beberapa memang yang perlu kita tindak lanjuti, salah satunya yang sudah meninggal dunia dan ini menjadikan partai ini perlu beberapa perbaikan," ucap Kelana.

Meski ada sedikit kendala, PKN Jatim memastikan dirinya memenuhi 3 item primer yang krusial dalam syarat lolosnya verifikasi faktual.

"Tapi secara keseluruhan kami memenuhi syarat dan ada perbaikan sedikit-sedikit, dan itu wajar karena memang partai ini baru, Kepengurusan ini cukup luar biasa dan ini ada sedikit kendala-kendala dan ini bukan halangan untuk menjadi peserta Pemilu 2024," ungkapnya.

Di sini, Kelana menegaskan target utama dari PKN, yakni bisa eksis di Pemilu 2024.

"Target kita tetap bisa terus eksis di Pemilu 2024, PKN bisa hadir menjadi harapan dari masyarakat Jawa Timur, yang menjadi barometer Nasional," ucapnya.

Tak hanya itu, Kelana sangat yakin jika PKN bisa menjadi besar, bahkan bisa meraih kursi di DPRD Kota/Kabupaten hingga DPR RI, terlebih lagi ada sosok Anas Urbaningrum menjadi salah satu tokoh Nasionalnya.

"Saya yakin dan optimis partai ini menjadi partai yang besar, apa lagi nanti Mas Anas Urbaningrum salah satu tokoh kami yang menjadi magnet besar, dengan jaringan yang luar biasa, saya yakin partai ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh partai lain, dan kami optimis sekali partai ini bisa lolos dan bisa masuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten saya yakin kita mendapatkan poin yang maksimal. Kami belum bisa menentukan atau target, karena kami partai baru, kami bekerja bersama-sama dengan simbol bersatu dalam persaudaraan, dan menghasilkan hari ini partai ini bisa," pungkasnya.