Ganjar Pranowo Diklaim Siap jadi Capres dari Luar PDIP

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Net
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Net

Untuk bertarung di pemilihan presiden (Pilpres) di tahun 2024 mendatang, Relawan Ganjar Pranowo 2024 meyakini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah menyatakan siap jika diminta untuk menjadi salah satu kandidat Calon Presiden (Capres). Termasuk saat diusung oleh partai yang dinaunginya (PDI Perjuangan) atau oleh parpol koalisi.


Ketua Umum Relawan Ganjar Pranowo 2024 (RGP2024), Heru Subagia mengatakan, PDIP memang mempunyai hak konstitusional untuk mencalonkan pasangan presiden dan wakil presiden sendirian, artinya telah memenuhi presidential threshold.

Namun demikian, Heru mengatakan bahwa  Gubernur Jawa Tengah secara tegas berbicara kebangsaan untuk menghilangkan politik identitas. Kaa Ganjar diisampaikan Heru, saat ini bangsa Indonesia dibutuhkan kolaborasi dengan komponen bangsa lainnya, artinya sinyal PDIP harus menggandeng partai lain.

“Yang kami tunggu selama ini, sudah dijawab langsung oleh Ganjar Pranowo bahwa dia sudah siap dicalonkan jika negara dan bangsa memanggilnya siap bertanding,”demikian kata Heru seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (18/10).

Pria yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon itu menegaskan bahwa sekarang keputusannya ada ditangan Ketua Umum PDI perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Artinya, apakah akan memberikan rekom Capres kepada Ganjar Pranowo dan berkoalisi dengan partai lain atau PDI Perjuangan merelakan Ganjar maju  sebagai Capres dari koalisi partai lain.

“Mulai malam ini Ganjar sudah siap jika PDI Perjuangan tidak merekomendasikan sebagai capres, maka Ganjar siap mendeklarasikan diri sebagai capres dari koalisi partai lain,” demikian Heru.