KIB Harus Usung Kader Sendiri Jika Tak Ingin Dicap Koalisi Pesanan Istana

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) harus membuktikan bukan sekoci Ganjar Pranowo untuk Pemilu 2024 mendatang dengan mengusung kader-kadernya sendiri.


Hal itu ditegaskan pengamat politik Jamiluddin Ritonga ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL terkait  penegasan Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurrahman yang menyebut KIB bukan sekoci Ganjar Pranowo.

"Sanggahan tersebut juga bagus untuk menepis rumor bahwa KIB bentukan Istana. Koalisi ini dirumorkan akan dijadikan perahu Ganjar pada Pilpres 2024. Rumor tersebut akan terbantahkan dengan sendirinya bila nantinya KIB mengusung kader dari koalisinya,” kata Jamiluddin, Jumat (21/10).

Ia berpendapat, jika KIB mampu menepis dan membuktikan tidak menjadi sekoci Ganjar Pranowo maka dapat dipastikan dapat meningkatkan kredibilitas koalisi tersebut. KIB akan dinilai independen, termasuk nantinya dalam mengusung pasangan capres.

Dia menambahkan krediblitas KIB sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pasangan capres yang diusung.

"Namun kredibilitas KIB akan terjun payung bila nanti terbukti menjadi sekoci Ganjar. KIB akan dinilai sebagai koalisi pesanan yang tak layak dipercaya,” pungkasnya.