Nelayan Surabaya Gelar Aksi parade Dukung KTT G20 di Bali

Aksi dukungan para nelayan terhadap KTT G20 di Bali/RMOLJatim
Aksi dukungan para nelayan terhadap KTT G20 di Bali/RMOLJatim

Puluhan nelayan DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Surabaya menggelar aksi parade cepat atau flash mob sebagai bentuk dukungan atas penyelenggaraan KTT G20 di Bali.


Aksi tersebut berlangsung di seputaran Jembatan Suramadu, Kamis (27/10/2022).

Para nelayan ini berasal dari Kecamatan Kenjeran dengan total anggota 255 orang terdiri dari 5 Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Mereka membawa sejumlah poster dan banner dukungan dengan berbagai tulisan. Seperti Nelayan Surabaya Siap Mendukung KTT G20 di Bali, Nelayan Surabaya Dukung KTT G20 untuk Indonesia Maju, dan Dukung KTT G20 Kontribusi Nelayan untuk Indonesia. Flashmob ini melibatkan sekitar 50 nelayan.

Mereka berharap besar KTT G20 turut berdampak pada kesejahteraan nelayan yang sehari-hari menebar jala di lautan.

Koordinator acara, Mustofa mengatakan, kegiatan ini sekaligus merupakan bentuk dukungan dan rasa kebanggaan HNSI Surabaya atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 di Bali pada 15 November 2022 mendatang.

"Harapan kami semoga dengan adanya G20 di Bali tersebut, nantinya akan mendongkrak perekonomian di seluruh dunia serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat nelayan," ungkap Bendahara DPC HNSI Surabaya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Diketahui, KTT G20 akan dihadiri oleh 19 negara serta satu kawasan ekonomi, yaitu Uni Eropa. Terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, dan Turki.

Dengan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger", pada KTT G20 ini Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bekerja sama memulihkan diri dari pandemi serta membangun dunia secara berkelanjutan.

Penetapan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 telah diumumkan sejak dua tahun yang lalu, saat KTT G20 berlangsung di Riyadh, Saudi Arabia, dari tanggal 21 sampai 22 November 2020.

Prosesi serah terima dilaksanakan satu tahun yang lalu di KTT G20 yang dilaksanakan di Roma, Italia, pada tanggal 30 sampai 31 Oktober 2021. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah KTT G20 semenjak pembentukannya pada tahun 1999 silam.

Hal ini merupakan sesuatu yang istimewa untuk negara ini, karena dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah G20, berkesempatan untuk mendorong perwujudan kebijakan yang mampu memicu pemulihan ekonomi dunia.

Selain itu, pelaksanaan G20 di Indonesia juga mampu memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan politik yang cukup signifikan bagi tanah air.