Kerajinan Tali Agel Desa Kelbung Tembus Mancanegara, Dinas Koperasi dan UMKM Bangkalan Dukung Lewat E-Katalog

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Iskandar Hidayat,
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Iskandar Hidayat,

Desa Kelbung, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan punya produk lokal, berupa kerajinan Tali Agel. Tali Agel buatan Desa Kelbung sudah dikenal hingga luar daerah


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Iskandar Hidayat, mengatakan. Tali Agel Desa Kelbung merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  yang cukup berkembang di Kabuapten Bangkalan. Hal ini dibuktikan produk mereka mampu merambah hingga pasar mancanegara.

Tali Agel, hasil produksi mereka pula mampu mengundang minat pelaku UMKM dari daerah lain di Indonesia, untuk belajar memanfaatkan Tali Agel bernilai jual.

“Beberapa waktu lalu sebanyak 25 orang perwakilan kelompok UMKM dari Nusa Tenggara Timur (NTT) datang ke Bangkalan untuk belajar menganyam kerajinan Tali Agel. Ini membuktikan geliat UMKM di Bangkalan mulai bangkit kembali. Kami bersyukur atas pencapaian ini,” tuturnya, waktu ditemui di kantornya, Jumat (04/11).

Mendorong pengembangan UMKM yang ada di wilayah Bangkalan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan terus mengupayakan produk UMKM terdaftar dalam E-Katalog. Salah satu produk UMKM  yang sudah masuk E-Katalog yakni kerajinan tali agel dari Desa Kelbung, Kecamatan Sepulu.

Kadis UMKM menerangkan, usaha ini dilakukan, tidak hanya untuk kembali memacu pemasaran paska pandemi Covid-19, tetapi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangkalan juga memanfaatkan para pengrajin Tali Agel tersebut sebagai penyedia yang telah didaftarkan dalam E-Katalog lokal.

“Ini memudahkan kami ketika ada pelatihan-pelatihan menggunakan produk tas berbahan agel. Produk Tali Agel merupakan salah satu contoh dalam memanfaatkan pengembangan UMKM yang kami miliki,” kata Kadis UMKM.

E-Katalog atau Katalog Elektronik adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang dan jasa tertentu dari berbagai Penyedia Barang/Jasa Pemerintah.(Has)