Agatha Ajak Emak - Emak Surabaya Belajar Merangkai Buket

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Puluhan ibu rumah tangga (emak-emak) terlihat antusias belajar  merangkai buket dari bahan kain di Gedung Widya Kartika Surabaya, Rabu (9/11/2022).


Sesekali mereka mendengarkan arahan instruktur kemudian langsung memperaktikkan cara membuat buket yang bagus. 

Acara pelatihan singkat membuat buket tersebut difasilitasi anggota Komisi B DPRD Jatim Agatha Retnosari bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim. 

Ada sekitar 50 peserta emak-emak dari berbagai kecamatan di wilayah Kota Surabaya yang menjadi peserta. 

Agatha yang juga politisi PDI Perjuangan itu menyebut keterampilan membuat buket akan sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan keluarga. 

"Buket banyak dicari saat acara wisuda, pesta ulang tahun, hingga untuk hantaran lamaran," katanya. 

Setelah para peserta piawai membuat buat buket, dia meminta membentuk kelompok, karena Agatha akan berusaha membuat merek untuk produk buket para peserta. 

"Setelah membentuk kelompok saya akan fasilitasi untuk membuat merek buket agar produk ibu-ibu lebih terkenal," terang Agatha. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah mengatakan, fasilitasi untuk meningkatkan skil ibu-ibu rumah tangga gencar dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 

"Ini searah dengan arahan Gubernur Jatim untuk menguatkan ketahanan ekonomi keluarga," jelasnya. 

Dia berharap setelah terbentuknya merek, ibu-ibu pembuat buket lebih teliti lagi menganalisa kebutuhan pasar. "Inovasi juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini," ujar Andromeda.