Peringati Hari Pahlawan, Cahyo Harjo: Nilai Perjuangan Para Pahlawan Menjadi Tauladan Dalam Berpolitik

 Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso saat tabur bunga di Makam Bung Tomo/RMOLJatim
Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso saat tabur bunga di Makam Bung Tomo/RMOLJatim

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kota Surabaya menaburkan bunga di makam pahlawan Bung Tomo, Surabaya, Kamis (10/11).


Prosesi tabur bunga dilakukan oleh segenap anggota fraksi yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony sesaat sebelum pembacaan doa dimulai.

"10 November merupakan Hari Pahlawan. Partai Gerindra merupakan partai yang sangat menghormati jasa pahlawan. Maka dari itu kita memperingatinya dengan cara mendatangi salah satu makam pahlawan nasional bangsa Indonesia, yaitu Sutomo atau lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo," kata Thony.

Seusai pembacaan doa, beberapa anggota fraksi menaburkan bunga. Mulai dari Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony, serta Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Ajeng Wirawati. Juga beberapa anggota lain yang juga turut serta.

Cahyo Harjo Prakoso mengatakan ziarah ke pusura pahlawan ini bagian dari memperingati Hari Pahlawan. Aktivitas sakral ini merupakan salah satu upaya menjaga nilai luhur dari para pahlawan.

"Dalam momentum ini juga kami meyakini bahwa nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan, khususnya yang kami hadiri hari ini makam Bung Tomo, bagaimana beliau ketika itu di tengah keterbatasan, di dalam perjuangan merebut kemerdekaan di tengah gempuran serangan negara adidaya seperti Inggris," kata Cahyo.

Kuncinya, Cahyo menjelaskan perjuangan para pahlawan kala itu berada di persatuan dan semangat juang untuk merdeka dari penjajah.

"Maka inilah yang menjadi inspirasi kami, menjadi teladan kami dalam berpartai, khususnya bagi teman-teman anggota fraksi dimana gerakan-gerakan pahlawan ini menjadi panduan untuk menjadi wakil rakyat, menjaga aspirasi masyarakat dalam niat dan tujuan sama untuk kebaikan bangsa dan negara," bebernya.

Ke depan, dirinya berharap dengan tujuan dan niat persatuan membangun bangsa, partai Gerindra bisa memberikan maslahat untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Cahyo mengatakan jika peringatan Hari Pahlawan merupakan instruksi langsung dari pimpinan pusat. 

"Mengingat kata Bung Karno yang mengatakan Jas Merah (jangan sekali kali meninggalkan sejarah) karena dari sejarah kita bisa berdiri dengan aman, dengan damai berkat perjuangan para pahlawan dan nilai perjuangannya menjadi tauladan dalam berpolitik," pungkasnya.