Berperan Dalam Pembangunan, Wali Kota Sutiaji Berikan Dukungan dan Mengapresiasi Anggota PKK

 Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji/Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji/Ist

Berperan dalam pembangunan, anggota PKK Kota Malang diberi dukungan dan apresiasi oleh Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji saat menghadiri puncak kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 di Gedung Malang Creative Center (MCC). Senin (14/11).


"Kami mengucapkan terima kasih atas kinerja TP PKK, termasuk organisasi perempuan lainnya. Perempuan adalah tiang negara. Sehingga jika perempuan itu rapuh maka tentu negara tidak memiliki kekuatan. Perempuan itu luar biasa. Ibu adalah madrasahnya anak-anak kita semua. Saya kagum dengan teman-teman PKK, meski banyak yang sudah berusia tua, tapi jiwanya muda," ungkap Sutiaji. 

Orang nomer satu di Kota Malang tersebut, juga menyampaikan, bahwa dukungan terhadap Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adalah Pemerinrah Kota (Pemkot) Malang memberikan stimulus, khususnya Dinsos P3AP2KB yang tugas dan fungsi dari banyak beririsan dengan kegiatan TP-PKK. 

"Pengarusutamaan Gender (PUG) bukan hanya perempuan saja, termasuk kaum rentan. Jadi PKK juga sering mengajak kaum disabilitas dan lansia untuk berkarya bersama. PKK itu berhubungan mulai usia PAUD hingga lansia. Ada Bunda PAUD, ada Bunda Lansia. Nah, ini termasuk bidang garap dari PKK," ujar Sutiaji.

"Dalam amanatnya, PKK menjadi partner dari pemerintah daerah sehingga apa yang menjadi program daerah, juga menjadi program PKK," tambah pria yang khas mengenakan kacamata tersebut. 

Sementara itu, Ketua TP- PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji mengucapkan terimakasih kepada segenap TP-PKK mulai tingkat kota, kecamatan, kelurahan, hingga kader PKK yang telah mengabdikan diri untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat. 

"Agenda hari ini kita memberikan apresiasi kepada pemenang (lomba) yang kami selenggarakan sejak bulan Januari hingga kemarin. Dari semua pokja semua ada pemenangnya, ada lombanya," ujarnya. 

Ia pun juga menyebutkan, beberapa capaian yang telah dilakukan TP-PKK Kota Malang, di antaranya yaitu urban farming yang juga didukung oleh Bank Indonesia. Gerakan Budidaya Bunga Telang (Gerbudbute) yang merupakan kolaborasi dengan Bank Jatim. Selain itu, TP-PKK Kota Malang juga menginisiasi program Sam Gepunbasa yang juga hasil kerja sama dengan perusahaan swasta. 

Lebih jauh, Widayati juga memaparkan, banyak lagi kegiatan yang dilakukan TP-PKK untuk mendukung program pemerintah. Misalnya, keterlibatan TP-PKK dalam kegiatan pendataan Regsosek yang dilakukan oleh BPS. 

"Selain itu juga, TP-PKK mendukung peningkatan pendapatan daerah dengan Pokmas Sadar Pajak, untuk penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) yang mencapai 98 persen," bebernya. 

Ia pun mengatakan, TP-PKK tidak ingin banyak mengganggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Maka pihaknya berkeinginan akan lebih banyak menggandeng stakeholder lain. 

"Kalau perguruan tinggi sudah banyak kita gandeng untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjadi sehat. Kami juga menggandeng psikolog, banyak lah dengan perguruan tinggi," Jelas Widayati. 

Dalam kegiatan tersebut, diberikan berbagai apresiasi. Di antaranya untuk para Kader Berprestasi, yakni Narcisse Manoppo dari Kecamatan Lowokwaru, Wiwit Sugiarti dari Kecamatan Blimbing, Sulastri Utami dari Kecamatan Kedungkandang, Ida Fariani dari Kecamatan Klojen, dan Mahmudah dari Kecamatan Sukun. Penghargaan juga diberikan kepada Sekretaris Pokja TP PKK atas nama Miefta Etiwinendar. 

Selain itu, juga diberikan apresiasi kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan TP PKK sepanjang tahun 2022. Di antaranya Lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAREDI).

Lomba Administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).  Lomba Gerakan Budidaya Bunga Telang (Gerbudbute). Dan Lomba Monitoring Evaluasi Posyandu Mandiri, Pemantauan Jentik Berkala, serta Inovasi Posyandu.[adv]