Joe Biden dan Xi Jinping Hadir di KTT G20, Jokowi: Sangat Menggembirakan

Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping/Net
Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping/Net

Presiden Joko Widodo tidak dapat menyembunyikan rasa senangnya atas kehadiran 17 kepala negara/pemerintahan G20 yang hadir di Bali, terutama Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.


Hal itu disampaikan Presiden Jokowi ketika menggelar konferensi pers usai pulang ke tanah air setelah menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada Minggu malam (13/11).

"Saya sudah dapat laporan bahwa semuanya sudah siap, 17 kepala negara hadir. Ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini," ujar Jokowi.

"Apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir," tambahnya.

Jokowi kemudian berkomitmen bahwa Indonesia akan terus memperjuangkan perdamaian dunia, serta menjadi bagian dari solusi demi menyelesaikan berbagai krisis dan pemulihan ekonomi.

Dari 20 negara G20, para pemimpin yang tidak hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Di samping itu, delapan dari 10 pemimpin negara dan 10 pemimpin organisasi internasional yang diundang juga akan menghadiri KTT G20.

Dari pihak undangan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan berpartisipasi secara virtual. Sementara Fiji mengirim utusan khusus lantaran sedang menggelar pemilu.