Peringati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262, Busana Khas Malangan Warnai Rapat Paripurna Dewan

Suasana Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang saat Peringati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262/RMOLJatim
Suasana Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang saat Peringati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262/RMOLJatim

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1262 busana khas malangan mewarnai rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Jalan Panji 119, Kepanjen,  Senin (28/11). Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi. 


Mengawali kegiatan rapat paripurna tersebut, Darmadi mengucapkan terima kasih kepada sejumlah peserta dan tamu undang rapat paripurna. Termasuk, kepada jajaran Forkopimda dari Malang Raya yang telah hadir. 

"Agenda rapat paripurna kali ini adalah memperingati Hari Jadi ke-1262 Kabupaten Malang. Tentu banyak kegiatan. Salah satunya Rapat Paripurna saat ini. Yang didalamnya nanti kita menyaksikan video secara singkat mengenai sejarah Kabupaten Malang dan beberapa prestasi yang dicapai Pemkab Malang. Sehingga kita semua mencintai Kabupaten Malang," ujar Darmadi. 

Sementara itu, Bupati Malang Sanusi mengatakan, pada hari ini, 28 November 2022, menjadi momen yang sangat istimewa bagi Kabupaten Malang. Karena, semua kembali diberi anugerah dan nikmat kesempatan untuk dapat memperingati Hari Jadi Ke 1262.

"Sebuah perjalanan yang sangat panjang dan tentunya tidak terlepas dari lika-liku, serta pasang surut. Dimana pada tahun ini, juga menjadi tahun ujian bagi sebagian saudara kita. Seperti banjir bandang, angin kencang hingga tanah longsor. Bahkan, musibah 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, yang menyita perhatian banyak pihak," kata Bupati Sanusi.

Dia menjelaskan, dalam kurun waktu setahun terakhir ini telah memberikan beberapa kontribusi, sekaligus atensi kepada Kabupaten Malang dan masyarakat secara keseluruhan. 

"Untuk itu ijinkan saya menyampaikan beberapa progres perkembangan daerah serta keberhasilan pembangunan di Kabupaten Malang. Diantaranya bidang kesehatan, kita terus bekerja keras untuk menekan angka stunting, melalui intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang berkualitas. Di bidang pariwisata, sejalan dengan program Kabupaten Malang, One Village, One Destination, utamanya alam mengangkat potensi desa, dapat disampaikan bahwa saat ini Kabupaten Malang telah memiliki 22 desa wisata," tutur Sanusi. 

"Sedangkan di bidang pembangunan infrastruktur, Pemkab Malang menyadari betul bahwa keberadaan sarana dan prasarana yang baik, akan menjadi faktor pendukung dalam peningkatan daya saing daerah.  Untuk di bidang pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang sangat konsen untuk mewujudkan pendidikan berkualitas, dengan memberikan kesempatan yang luas bagi lembaga pendidikan," imbuhnya. 

Tak hanya itu, lanjut Sanusi, di bidang investasi dan penanaman modal, dapat disampaikan bahwa berdasarkan laporan kegiatan penanaman modal tahun 2022 sampai dengan Triwulan III, tercatat nilai investasi yang masuk mencapai lebih dari Rp 8 triliun. 

"Selain progres perkembangan di beberapa bidang, Pemkab Malang juga terus melakukan berbagai upaya strategis untuk mewujudkan pembangunan inklusif, partisipatif dan kolaboratif, melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan dan sektor industri kreatif. Kemudian, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, yang mana saat ini terus menunjukkan progres yang positif," paparnya. 

Sanusi juga mengatakan, dalam kurun satu tahun ini telah memperoleh berbagai penghargaan. Yang mana capaian itu, menjadi indikator keberhasilan kinerja pembangunan di Kabupaten Malang. 

"Ada 27 penghargaan yang berhasil diraih. Diantaranya pertama Penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Juara I Cluster 2 Investment Award 2021 Provinsi Jawa Timur. Dan terakhir yaitu menjadi pemenang favorit Kategori Inovasi IT Kesehatan melalui Aplikasi 'Konco Sregep' sebagai Upaya Pencegahan Stunting Berbasis Local Wisdom, dalam Final Indonesian  Healthcare Innovation Awards (IHIA VI-2022)," terangnya. 

"Semua penghargaan yang telah diperoleh tersebut, pada dasarnya bukanlah tujuan akhir. Namun, setidaknya dapat menjadi indikator penilaian dari keberhasilan atas upaya pembangunan yang kita laksanakan secara bersama-sama," tambah Sanusi. 

Terakhir dia juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga menyampaikan terima kasih yang mendalam, serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Malang. 

"Dalam pembangunan di daerah tercinta ini. Sebagai mitra eksekutif, DPRD Kabupaten Malang telah banyak berperan dan memberikan sumbangsih konstruktifnya dalam rangka penyelenggaraan roda Pemerintahan Daerah. Mudah-mudahan kolaborasi ini dapat semakin menambah semangat dan motivasi kita semua dalam melanjutkan cita-cita pembangunan di Kabupaten Malang. Sekali lagi saya ucapkan Dirgahayu Kabupaten Malang. Semoga dengan semakin bertambahnya usia ini, menuju Kabupaten Malang yang makmur," pungkasnya. 

Nampak hadir, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Miskat dan Kholiq beserta anggota DPRD yang lainya. Wakil Bupati Didik Gatot Subroto, dan jajaran seluruh OPD serta Camat mengenakan busana khas Malangan.