Santer Kabar Ada Penampakan Macan Tutul di Lereng Gunung Raung, Petugas Cek Lokasi

Kapolsek Songgon, Banyuwangi, AKP Eko Darmawan bersama TNI, Kades Sumberarum Ali Nurfatoni dan warga yang melihat macan tutul melakukan pengecekan titik lokasi/repro
Kapolsek Songgon, Banyuwangi, AKP Eko Darmawan bersama TNI, Kades Sumberarum Ali Nurfatoni dan warga yang melihat macan tutul melakukan pengecekan titik lokasi/repro

Penampakan macan tutul di lereng Gunung Raung santer dikabarkan. Akibatnya bikin heboh warga Dusun Kampunganyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Untuk itu petugas melakukan cek lokasi.


Menurut warga, penampakan macan tutul kerap dijumpai masuk ke ladang masyarakat yang berada di kawasan lereng gunung.

Senin, 5 Desember 2022, Kapolsek Songgon AKP Eko Darmawan, Bhabinkamtibmas, Kades Sumberarum Ali Nurfatoni dan seorang warga yang mengetahui penampakan itu bersama-sama meninjau titik lokasi.

Setelah dilakukan pengecekan secara langsung, AKP Eko Darmawan menyebutkan, bila informasi tersebut benar.

"Warga yang menjumpai secara langsung macan tutul ini bernama Pak Edi, saat itu beliau sedang melakukan aktivitas di kebun," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLjatim.

Terakhir kali warga melihat penampakan macan tersebut secara dekat, pada Minggu (4/12) kemarin. Sehingga dapat diketahui titik lokasi kemunculan macan tutul yang meresahkan warga.

Saat itu, lanjutnya, Pak Edi menjumpai macan tutul tersebut berada di balik semak-semak. Ketika itu, tengah membersihkan saluran air untuk kebutuhan kebun.

"Pada saat selokan macet sama Pak Edi dibenahi, tahu-tahu di situ muncul macan tutul," sebutnya.

"Jadi, supaya tidak simpang siur, disinilah lokasi awal beberapa masyarakat menjumpai macan tutul," tambah Eko sembari menunjuk ke titik kemunculan macan tutul.

Meski demikian, Eko mengimbau kepada masyarakat tidak resah, namun tetap waspada. Serta tetap berhati-hati saat berada di kebun dan agar tidak melakukan perburuan liar.

Kepolisian Sektor Songgon, lanjutnya, juga telah melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi, agar ditindak lanjuti.

"Jadi sama-sama ditindaklanjuti di lapangan," kata Eko.

Sebelumnya santer diberitakan, warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi heboh dengan kabar penampakan macan tutul di lereng Gunung Raung.

Bahkan warga setempat mengaku kerap menjumpai macan tutul masuk area ladang mereka. Sontak warga pun panik dan melaporkan peristiwa ini.