Bandara Notohadinegoro Beroperasi, Rute Penerbangan Jember-Surabaya Kembali Dibuka dengan Tiket Promo

Kadishub Jember saat mendampingi Bupati dalam penantangan MoU dengan PT Amaya di Pendopo Wahyawibawa Graha Jember/RMOLJatim
Kadishub Jember saat mendampingi Bupati dalam penantangan MoU dengan PT Amaya di Pendopo Wahyawibawa Graha Jember/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dalam waktu dekat segera mengaktifkan kembali penerbangan Rute Jember - Surabaya, di Bandar Udara (Bandara) Notohadinegoro Jember, mulai Kamis (22/12) mendatang.


Kepastian adanya penerbangan ini setelah dilakukan MoU atau nota kesepahaman Bupati Jember, Hendy Siswanto dengan pihak PT Amaya, di Pendopo Wahyawibawagraha, pada Selasa (20/12).

Kepala Dinas Perhubungan Jember, Agus Wijaya, mengatakan, Bupati Hendy sudah menandatangani MOu dengan PT Amaya, pihak ketiga yang menyediakan pesawat terbang.

"Insyaallah launching dan penerbangan perdana akan dilakukan pada Kamis, 22 Desember 2022," ujar Agus Wijaya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan, pihak ketiga akan mendatangkan pesawat buatan Amerika tahun 2022 ini dari Papua. Diperkirakan pesawat jenis Grand Caravan ini akan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember, pada Kamis (22/12).

Agus berharap kedatangan pesawat tersebut lancar dan  tidak ada halangan. Dengan demikian saat launching, pesawat bisa langsung melayani penerbangan rute Jember - Surabaya atau sebaliknya Surabaya - Jember. 

"Namun jika masih belum datang, tentunya penerbangan akan dijadwal ulang," katanya.

Untuk kelancaran kerjasama ini, Pemkab diharapkan bisa menjamin okupansi tiket penerbangan bisa mendekati 100 persen. Selain itu juga ikut mempromosikan sehingga okupansi penerbangan terpenuhi.

"Sesuai rencana, penerbangan dilakukan 2 kali penerbangan, setiap hari. Yakni pukul 06.WIB berangkat dari Jember - Surabaya dan pukul 07.00 WIB berangkat dari Surabaya - Jember," jelas Agus.

"Sedangkan sore harinya berangkat pukul 16.00. WIB, dari Jember -  Surabaya dan pukul 17.00 WIB berangkat dari Surabaya -Jember," imbuh dia.

Agus menambahkan, pihak pengelola Bandara Notohadinegoro menyediakan tiket promo bagi penumpang. Promo ini diberikan dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-94 Kabupaten Jember. 

"Harga promonya, untuk 2 tiket bayar Rp650," katanya. 

Agus juga menjelaskan pesawat pertama yang akan datang adalah pesawat pengumpan jenis Grand Caravan dengan kapasitas penumpang sebanyak 12 tempat duduk. Jika ini terus berjalan lancar, baru akan didatangkan pesawat yang lebih besar lagi.

Selain itu, lanjut Agus, Pemkab Jember akan mendatangkan pesawat perintis untuk membuka layanan penerbangan dengan rute Jember - Sumenep atau sebaliknya Sumenep - Jember, pada Januari 2023 mendatang.