Jelang Penutupan, Calon PPS Pemilu 2024 di Banyuwangi Capai 4.092 Pendaftar

Para pendaftar calon PPS untuk Pemilu 2024 di KPU Banyuwangi/RMOLJatim
Para pendaftar calon PPS untuk Pemilu 2024 di KPU Banyuwangi/RMOLJatim

Jumlah pendaftar calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di KPU Kabupaten Banyuwangi membeludak.


Per 28 Desember 2022, jumlah pendaftar calon badan ad hoc KPU tingkat desa ini mencapai angka 4.092 orang.

Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan, peminat calon PPS untuk Pemilu 2024 ini sangat besar dibanding penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

"Peminat calon PPS untuk Pemilu 2024 hari-hari ini semakin membeludak dibanding hari sebelumnya," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/12).

Hal ini, kata dia, berkat sosialisasi yang dilakukan seluruh stakeholder, termasuk komisioner PPK terpilih sampai seluruh Kepala Desa/Lurah.

Menurutnya, jumlah pendaftar sangat berpotensi bertambah. Sebab penutupan pendaftaran calon PPS, kata dia, berakhir pada 30 Desember ini.

"Per 28 Desember ini sudah mencapai 4.100-an. Kalau dibanding dengan pemilu sebelumnya tahun ini meningkat 100 persen," ucap Dian.

Adapun peminat paling tinggi pendaftar PPS ini di Kecamatan Banyuwangi yang mencapai 337 orang. Disusul pendaftar dari Kecamatan Genteng dan Srono, masing-masing sebanyak 229 pendaftar. 

Pendaftar terbanyak keempat di Kecamatan Muncar, yaitu sebanyak 219 orang dan 218 pendaftar dari Kecamatan Kabat.

Tahap berikutnya, KPU Banyuwangi akan melakukan seleksi administrasi, sebelum nantinya para pendaftar PPS akan mengikuti tes tulis atau Computer Assisted Test (CAT).

"Tes tulisnya nanti tanggal 6 sampai 11 Januari. Untuk teknisnya nanti apakah tes tulis atau CAT masih belum ditentukan," pungkasnya.