Car Free Day Ajang Wisata Mural 3D dan Kuliner Pertama di Jember, Inovasi Kelurahan Kebonsari Entaskan Kemiskinan

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama istri di acara CFD Kelurahan Kebonsari/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama istri di acara CFD Kelurahan Kebonsari/RMOLJatim

Bupati Jember, Hendy Siswanto didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jember, Kasih Fajarini, mengikuti kegiatan Car free Day (CFD) yang digelar pemerintah Kelurahan Kebonsari Kecamatan Sumbersari, Minggu (8/1) pagi. Bupati Hendy tampak wajah sumringah, menyapa warganya sepanjang jalan Letjen Suprapto.


Berbagai kegiatan hiburan ditampilkan mulai fashion ala JFC (Jember Fashion carnaval), tari-tarian hingga deretan ratusan stand UMKM, mewarnai jalan Letjen Suprapto.

Lurah Kebonsari, Herlan Hidayat mengatakan membutuhkan waktu kurun 3 bulan bersama jajarannya untuk merubah sepanjang lingkungan area Kebonsari, menjadi stand UMKM, untuk kegiatan Car Free Day.

Dengan kegiatan UMKM, juga menjadi wisata kuliner, bagi pengunjung, dengan sajian menu makanan yang menarik.

Selain itu, juga ada wisata Mural 3 Dimensi (M3D) yang pertama kalinya di Kabupaten Jember.  

"Ini dua kegiatan inovatif dan kreatif yakni launching wisata mural 3 dimensi  dan pasar murah Kebonsari. Tujuannya untuk menyelaraskan program Bupati untuk mengentaskan kemiskinan, memberdayakan UMKM dan mengurangi angka kemiskinan," ucap Herlan Hidayat.

Herlan berterimakasih atas kerjasama yang apik antara stakeholder mulai dari RT/RW, Kades, Camat Sumbersari dan tentunya segenap warga Kebonsari yang ikut mendukung sehingga acara ini digelar dengan sukses. Selain itu juga menyampaikan terima kasih atas segala arahan Bupati Hendy demi kesejahteraan masyarakatnya. 

Bupati Hendy mengapresiasi kegiatan inovasi dan kreasi seluruh pihak yang berkontribusi terselenggaranya kegiatan tersebut.  

"Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk membangkitkan perekonomian,  khususnya di Kabupaten Jember. Bersatu padu membuat acara, yang pertama kali di Kabupaten Jember yakni kegiatan CFD dan wisata mural," ujar Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Hendy juga berharap kegiatan ini, harus bisa ditiru oleh kelurahan lain. Dia juga menyampaikan terima kasih atas support seluruh stakeholder kelurahan Kebonsari yang menampilkan mahakarya mulai dari JFC, tarian, stand 260 UMKM di sepanjang jalanan Kebonsari.

"Saya harap kegiatan ini harus rutin dilakukan dan juga kelurahan yang lain bisa melakukan hal yang sama. Dengan daya beli masyarakat meningkat maka bisa mengurangi angka kemiskinan di Jember," katanya.